Yess….. Pelayanan Harus Prima Dan Berkualitas!

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dalam mendukung pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) telah mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pelayanan Prima kepada pegawai pada tanggal 10 Mei dan 18 Mei 2021. Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Balai Besar TNGGP dan Kepala Bagian Tata Usaha.

Kepala Balai Besar menyampaikan slogan dan logo WBK Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yaitu MaTul JaWa (Malu korupsi Tulus melayani Jangan terima suap Wajib akuntabel) dalam usaha untuk mewujudkan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM.

Kepala balai besar juga menyampaikan, bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus prima dan berkualitas. Tempat pelayanan di TNGGP terbagi menjadi 5 yaitu:

Selain itu, Kepala Balai Besar menyampaikan prinsip dan budaya kerja Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kepada seluruh pegawai yang menghadiri sosialisasi dan pelatihan.
Prinsip kerja Balai Besar TNGGP yaitu:

  1. Ketahui potensi setiap jengkal wilayah kerja;
  2. Ketahui kondisi, trend, dan sebaran dari potensi wilayah kerja;
  3. Ketahui program intervensi pengelolaan berdasarkan data akurat;
  4. Ketahui tipologi masyarakat sekitar;
  5. Kembangkan nilai kemanfaatan kawasan untuk kelestarian kawsan, masyarakat, dan bangsa.
    Adapun budaya kerja Balai Besar TNGGP, yaitu:
  6. Kekeluargaan dengan saling menolong, bekerjasama, saling menghargai, dan terbuka;
  7. Disiplin dalam penggunaan seragam, disiplin jam kerja, dan penggunaan BMN;
  8. Profesional dengan meenrapkan 5 (lima) prinsip kerja di TNGGP;
  9. MaTul JaWa yaitu Malu korupsi, Tulus melayani, Jangan terima suap, dan Wajib akuntabel.
    Diharapkan seluruh pegawai dapat mengaplikasikan hal-hal yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar dalam ruang lingkup kerja di instansi ini.
  1. Pintu gerbang (security)
  2. Front office
  3. Wisata dan pendakian
  4. Pelayanan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI)
  5. Pelayanan perizinan

Petugas pelayanan senantiasa harus mengingatkan kepada tamu/ pengunjung untuk tetap menjaga protokol kesehatan karena kondisi pandemi covid-19 masih ada sampai saat ini.

Pada sosialisasi dan pelatihan kedua (18 Mei 2021), Kepala Bagian Tata Usaha menjelaskan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Penerimaan Tamu lingkup Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menerapkan sistem e-office. Salah satunya buku tamu digital dengan menggunakan sistem barcode untuk menuju zero waste dan less paper.

Para pegawai melakukan simulasi pengisian buku tamu dengan sistem barcode guna mempermudah dalam pelayanan tamu. Diharapkan sosialisasi kepada para pegawai ini dapat meningkatkan pelayanan prima dan berkualitas bagi masyarakat dan mendukung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk mencapai ZI menuju WBK dan WBBM.

Acara diakhiri dengan ikrar dari seluruh peserta, “Kami Pegawai Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Siap Mendukung Pembangunan Zona Integritas dengan Memberikan Pelayanan Prima”.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Ainaya Octaviyanti
Dokumentasi : Wanna Gustadipura