Sinergitas Bbtnggp Dan Multistakeholder Melestarikan Kawasan Konservasi

Selasa, 4 Januari 2021. Di awal tahun 2022 ini Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melakukan patroli pengamanan kawasan TNGGP di jalur wisata Curug Cibeureum, Resort PTN Selabintana. Patroli ini dilaksanakan dalam rangka realisasi kegiatan Rencana Karya Tahunan (RKT) 2021 PT. Bumi Paseban Alami (BPA) selaku pemegang Perizinan Berusaha Pengusahaan Sarana Jasa Lingkungan Wisata Alam (PB-PSWA) di Resort PTN Selabintana.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan patroli kali ini, yaitu pelibatan berbagai pihak diantaranya perwakilan dari PT. BPA, Puslatpur Marinir-6 Antralina sebanyak 12 orang personil, Bhabinkantibmas dan Babinsa Desa Perbawati dan Sudajaya Girang, Volunteer Panthera, serta Mahasiswa PKL dari D3 Vokasi Ekowisata IPB.

Patroli kali ini dilakukan untuk memonitor kelayakan kondisi jalur pengunjung wisata Curug Cibeureum yang ditutup sejak bulan Mei 2021 pasca terjadi longsor. Hal ini dilakukan karena banyaknya permintaan dari pengunjung yang ingin agar wisata ke Curug Cibeureum dapat segera dibuka dan untuk menghindari adanya pengunjung ilegal.

Setelah dilakukan pengecekan oleh tim, ternyata hasil di lapangan menunjukkan bahwa jalur wisata ke Curug Cibeureum belum bisa dibuka untuk umum. Hal ini dikarenakan adanya penambahan titik longsor, sehingga akan membahayakan pengunjung apabila jalur wisata ini dibuka. Karenanya diperlukan penanganan yang cukup serius untuk menata kembali jalur menuju Curug Cibeureum.

Selain realisasi RKT PT. BPA, patroli gabungan ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi dan partisipasi dari Puslatpur Marinir-6 Antralina dalam menjaga kawasan TNGGP. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Komandan Puslatpur Marinir-6 Antralina, Letkol Marinir Ombun Tarera Sipatuhar, M.Si, Han., bahwa keikutsertaan anggota Puslatpur Marinir-6 Antralina adalah sebagai upaya menjaga hubungan baik yang sudah terjalin sebelumnya dalam berbagai kegiatan bersama antara BBTNGGP dengan Puslatpur Marinir-6 Antralina.

Kepala Balai Besar TNGGP yang diwakili oleh Plt. Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi menyampaikan dalam sambutannya bahwa BBTNGGP sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada para pihak yang berpartisipasi pada pelaksanaan patroli kali ini, diantaranya PT. BPA, Bhabinkantibmas serta Babinsa Desa Perbawati dan Sudajaya Girang, Volunteer Panthera, Mahasiswa PKL dari D3 Vokasi Ekowisata IPB, serta jajaran dari Puslatpur Marinir-6 Antralina yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan patroli pengamanan kawasan TNGGP. Kedepannya diharapkan agar dapat ditempuh legalisasi dari kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini.

Kegiatan patroli pengamanan kawasan ditutup dengan agenda penanaman pohon endemik/asli TNGGP secara simbolis yang dilakukan Kepala Balai Besar TNGGP yang diwakili oleh Plt. Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Komandan Puslatpur Marinir-6 Antralina, dan Direktur PT. Bumi Paseban Alami.

Semoga sinergitas yang sudah terbentuk dan terjalin dapat terus terjaga. Salam Lestari!!

Oleh : Yanie N. Dewi, S.Hut (Pengolah Data) dan Enike Ratna Sari, S.Hut (PEH Pertama)