Pendakian Gunung Gede Dibuka 1 April

Sukabumi-Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali membuka kunjungan wisata khusus pendakian ke gunung Gede dan gunung Pangrango. Rencananya pembukaan wisata khusus pendakian gunung akan diberlakukan pada Jumat (1/4) mendatang.
Sebelumnya kunjungan wisata khusus pendakian gunung itu ditutup selama tiga bulan sejak Sabtu (1/1) hingga Kamis (31/3) lusa. Penutupan dilakukan secara rutin diantaranya dalam program pemulihan ekosistem di kawasan konservasi tersebut.
Kepala Balai Besar TNGGP, Agus Wahyudi menjelaskan hasil evaluasi penutupan yang dilakukan selama tiga bulan kembali merekomendasikan pendakian ke gunung Gede dan gunung Pangrango dibuka untuk umum yang akan diberlakukan pada 1 April 2011 mendatang.
“Ya mulai 1 April pendakian gunung kembali dibuka untuk umum. Dan prosedur bagi pengunjung yang akan melakukan wisata pendakian tentunya sama seperti sebelumnya dengan sistem booking,” jelas Agus saat dihubungi Jurnal Bogor, Senin (28/3) kemarin.
Menurut Agus namun sampai saat ini ia belum mendapatkan jumlah keseluruhan pengunjung yang akan melakukan wisata khusus pendakian gunung untuk pendakian tanggal 1 April mendatang. Pihaknya masih menunggu hasil keseluruhan dari yang melakukan booking.
“Tentunya kami akan berikan kesempatan calon pengunjung yang sebelumnya telah booking. Karena setiap harinya hanya dibatasi dengan kuota sebanyak 600 orang. 300 di pintu Cibodas, 200 di pintu Gunung Putri dan 100 di pintu Selabintana,” ujar Agus.
Sementara untuk Sukabumi, pintu masuk pendakian gunung Gede terletak di Kawasan Ekowisata Baru Halimun di wilayah Resor Selabintana, Desa Perbawati Kecamatan Sukabumi. Namun untuk pendaftaran tetap dipusatkan di kantor TNGGP di Cibodas Kabupaten Cianjur.
“Kami tidak bisa memberikan ijin untuk pendakian gunung, karena semuanya dilakukan di kantor pusat. Kami di sini hanya melayani perijinan para pengunjung harian ke Curug Cibeureum dan perkemahan saja,” ungkap Seno Kelono, staff Panthera Program.
Sumber : Jurnal Bogor, Budiyanto