Otw Goalpara

Senin, 19 April 2021. Bulan suci ramadhan ternyata memang penuh berkah, Resort PTN Goalpara yang merupakan salah satu unit pengelolaan tingkat lapangan di Bidang PTN Wilayah II Sukabumi mendapat kunjungan spesial dari Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Wahju Rudianto beserta unsur pimpinan lainnya dalam rangka program OTW (Observasi Terhadap Wilayah).

Dalam kunjungannya, Kepala Balai Besar TNGGP meninjau bangunan kantor resort dan beberapa aset Barang Milik Negara (BMN) serta menyimak pemaparan presentasi kepala Resort Goalpara dan dilanjutkan dengan diskusi. Pada kesempatan ini beliau memberikan arahan agar senantiasa menerapkan budaya kerja dan 5 (lima) Prinsip Kerja Pengelolaan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Budaya Kerja:

  1. Kekeluargaan dengan saling menolong, bekerjasama, saling menghargai dan saling terbuka.
  2. Disiplin dalam penggunaan seragam, disiplin jam kerja, dan penggunaan BMN.
  3. Profesional dengan menerapkan 5 (lima) Prinsip kerja di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
  4. Matul Jawa yaitu malu korupsi, tulus melayani, jangan terima suap dan wajib akuntabel.

Adapun 5 (lima) Prinsip Kerja Pengelolaan TNGGP yang disampaikan juga oleh beliau, yaitu:

  1. Mengetahui potensi wilayah kerja;
  2. Tren kondisi (data time series);
  3. Program yang akan dilakukan (program berbasis scientific/ berbasis data);
  4. Mengetahui tipologi masyarakat sekitar wilayah kerja;
  5. Nilai kemanfaatan kawasan kepada masyarakat.

Wasja, Kepala Bagian Tata Usaha yang ikut mendampingi beliau juga menuturkan bahwa penertiban aset BMN pun menjadi skala prioritas, dikarenakan hal tersebut harus dilakukan dalam rangka mencegah timbulnya masalah dikemudian hari apabila ada pengecekan sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi negara. Tak kalah penting, di masa milenial dan kemajuan teknologi saat ini tentunya dibutuhkan inovasi dalam pengelolaan BMN, dimana TNGGP telah melakukannya seperti penerapan barcode di setiap BMN, hanya dengan bermodalkan aplikasi di samrtphone dapat menscan barcode sehingga diperoleh informasi lengkap BMN tersebut.

Agus Deni sebagai Kepala Resort dalam pemaparan presentasinya menjelaskan bahwa Resort PTN Goalpara dengan luas kawasan mencapai 1.012,64 Ha memiliki potensi keanekaragaman hayati yang cukup lengkap antara lain fauna macan tutul jawa (Panthera pardus melas), elang jawa (Nisaetus bartelsi), owa jawa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata), burung kicau, dan flora unik seperti kantung semar, jamuju, strobilanthes cernua serta masih banyak lagi potensi yang belum ter-eksplore. Sehingga dengan melihat keunggulan potensi tersebut terbersitlah keinginan/ cita-cita untuk menjadikan Resort PTN Goalpara sebagai stasiun riset/ penelitian flora dan fauna. Namun, tentu dalam mewujudkannya akan melewati tahapan dan kajian lebih lanjut.

Gayung bersambut, Kepala Balai Besar memberikan respon positif dan mendukung atas apa yang telah disampaikan terkait keinginan/ cita-cita Resort PTN Goalpara, hanya saja dalam mewujudkan hal tersebut tentunya harus dibarengi dengan langkah-langkah lanjutan seperti menentukan lebih spesifik arah stasiun riset penelitiannya sehingga ada perbedaan dengan stasiun riset yang sudah ada, menggali lebih dalam potensi-potensi flora/ fauna yang belum terkuak, menggandeng perguruan tinggi untuk menjalin kerjasama dalam hal kajian stasiun riset penelitian dan yang tak kalah penting yaitu mengusulkan kegiatan masterplan stasiun riset penelitian agar masuk dalam DIPA tahun 2022.

Terakhir, beliau menyampaikan bahwa program OTW diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan keinginan dan cita-cita resort, dimana nantinya seluruh resort yang ada di TNGGP memiliki ciri khasnya masing-masing.

Semoga saja apa-apa yang di cita citakan oleh Resort PTN Goalpara dapat terwujud di masa yang akan datang…Aamin YRA.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Agus Deni (PEH & Kepala Resort PTN Goalpara)

Dok: Tim OTW BBTNGGP