Kunjungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan

Cibodas – Jum’at, 28 Juni 2019 Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mendapatkan kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Maksud dari kunjungan ini untuk studi tentang pengelolaan dan pemanfaatan ekowisata. Lokasi yang jadikan studi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Situgunung – Sukabumi dan Cibodas – Cianjur) serta Kebun Raya Cibodas.

Acara diawali dengan sambutan dari Sekretaris Daerah Tapanuli Selatan dan Bupati Tapanuli Selatan, dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Pembangunan saat ini di Tapanuli Selatan senantiasa selalu menjaga lingkungan”. Kemudian dilanjutkan sambutan penerimaan dari Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNGGP, yang menyampaikan bahwa, Gede Pangrango sebagai pusat pendidikan dan konservasi alam mengedepankan fungsi konservasi dan pendidikan dalam pengelolaannya, sehingga kegiatan wisata pun tetap dalam framing pendidikan dan konservasi. Nilai lebih wisata di taman nasional selain keindahan dan keragaman spesies juga nilai edukasi dan kemanfaatan pada masyarakat sekitar.

Saat kunjungan ke Situgunung – Sukabumi (Sabtu, 29/06/2019), rombongan tamu diterima oleh Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi beserta jajarannya, disuguhkan pengelolaan wisata alam yang secara harmoni memadukan kekayaan alam dengan teknologi maju. “Trik pengembangan wisata di TNGGP membangun dengan hati demi konservasi dan nilai ekonomi”, Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi menjelaskan kepada tim kunjungan. Selain itu pengelolaan wisata di Situgunung pun mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan partisipasi aktif sebagai guide dan dalam atraksi budaya setempat. Keunggulan komparatif inilah yang menjadikan Situgunung sebagai destinasi utama Kabupaten Sukabumi selain Geopark – Cileutuh.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan berkeinginan untuk dapat mengelola wisata dengan tidak melupakan nilai konservasi seperti dalam pengelolaan wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dan berencana akan mengembangkan wisata seperti membangun jembatan ataupun sarana wisata lainnya yang diharapkan menjadi destinasi utama/ primadona Kabupaten Tapanuli Selatan dan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango