Bbtnggp Dan Pt. Atl Serahkan 1000 Bibit Pohon Kepada Puslatpur Marinir 6 Antralina

Kamis, 2 September 2021, berlokasi di Aula Golok Pusat Latihan Tempur Marinir 6 Antralina, BBTNGGP menyerahkan bantuan bibit tanaman buah dan produksi yang dikembangkan PT. Alas Tiara Lestari (ATL) kepada Puslatpur Marinir 6 Antralina.

Kegiatan yang difasilitasi Bidang PTN Wilayah II Sukabumi ini, merupakan pemenuhan janji Kepala Balai Besar TNGGP waktu itu, Bapak Wahju Rudianto, S.Pi, M.Si kepada Komandan Puslatpur Mar 6 Antralina di tengah pelaksanaan acara pembinaan pegawai lingkup Bidang PTN Wilayah II Sukabumi pada tanggal 23 Maret 2021 yang lalu. Bibit yang diserahkan tersebut diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekitarnya.

Ir. Syahrial Anuar, MM selaku kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi sekaligus mewakili Kepala Balai Besar TNGGP menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. ATL yang bersedia memberikan bantuan berupa bibit pohon kepada Puslatpur Marinir 6 Antralina. PT. ATL, salah satu mitra BBTNGGP yang berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian alam terutama kegiatan restorasi/rehabilitasi kawasan.

Pada sambutannya, Direktur PT. ATL, Bapak Hendri Adrianto menyampaikan bahwa PT. ATL siap mendukung program agrowisata Puslatpur Marinir 6 Antralina dengan mengupayakan penyediaan bibit pohon yang cocok dengan iklim dan kondisi tanahnya.

Pasiops Puslatpur Mar 6 Antralina, Mayor Mar Jemy Karel Warongan, mewakili Komandan Puslatpur Mar 6 Antralina menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada BBTNGGP yang telah mengupayakan dan memfasilitasi penyerahan bantuan bibit pohon tersebut. Puslatpur Mar 6 Antralina memiliki luas lahan sekitar 175 ha dengan kondisi kontur wilayah berbukit dan tebing/lereng yang didominasi vegetasi ilalang (tumbuhan bawah) sehingga rentan terjadi kebakaran lahan. “Oleh karena itu kami mempunyai program penghijauan dengan jenis pohon kaya manfaat, selain untuk mencegah kebakaran lahan juga sebagai pendukung ekologi penahan air, menghasilkan oksigen serta dapat diambil manfaat buah-buahannya” ujar Mayor Mar Jemy Karel Warongan.

Tahap pertama ini, diserahkan bibit Jambu kristal, Solatri, Kayu manis, Bambu, Pisang, Rasamala, dll sebanyak 1000 batang. Kedepannya, setelah masuk musim penghujan, akan disiapkan kembali bantuan bibit pohon dengan lebih memperbanyak proporsi jenis pohon berbuah.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi rencana penanaman dan dilaksanakan penanaman secara simbolis oleh Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Direktur PT. ATL dan Pasiops Puslatpur Marinir 6 Antralina. Adapun jenis yang ditanam adalah Jambu kristal, Kayu manis dan Solatri. Kemudian acara ditutup dengan acara ramah tamah untuk semakin mengakrabkan BBTNGGP dengan mitra/stakeholder.

Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya lingkungan di sekitar Puslatpur Marinir 6 Antralina akan menjadi lebih asri, sejuk dan nyaman serta dapat menjadi daerah tangkapan air untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Salam lestari!!!

Teks dan Dokumentasi : Tim Publikasi Wilayah II Sukabumi