Asn Unggul Sebagai Pahlawan Masa Kini

Cibodas, 11 November 2019. Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, peringatan tahun ini lebih istimewa karena bertepatan dengan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Sabtu, 9 November. Saat Upacara Bendera Hari Pahlawan, dikumandangkan kata-kata mutiara beberapa Pahlawan Nasional yang dapat dijadikan spirit dalam melaksanakan tugas kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat inovasi untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Selain melaksanakan upacara bendera, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengadakan acara Maulid dengan mengundang Bapak H. Azam Jubaedi untuk memberikan tausiyah dengan mengangkat tema “Meneladani Akhlaq Rasulullah S.A.W. sebagai Bekal Menjadi ASN yang Unggul”. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan, “Sifat-sifat Rasullah S.A.W. yang dapat dijadikan teladan oleh ASN dalam melaksanakan tugasnya, yaitu sifat Shiddiq (benar), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan), dan Fathonah (cerdas)”.

Acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Kerja Bulanan, seluruh pejabat struktural Eselon III (Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Teknis Konservasi, Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, dan Kepala Bidang PTN Wilayah III Bogor) memaparkan capaian kinerja selama 2019 berikut kendala dan permasalahannya.

Dalam arahannya, Kepala Balai Besar TNGGP, Wahju Rudianto menyapaikan beberapa point penting pesan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diantaranya:

  1. Kita harus kerja dengan serius dalam melaksanakan Tupoksi dan tugas tambahan.
  2. Jaga kawasan pada tingkat tapak, sehingga harus mengetahui kondisi real di lapangan.
  3. Menjaga kewibawaan pemerintah.
  4. Materi publikasi tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah.
  5. Dapat menunjukan hasil kinerja kepada publik yang di-link-kan dengan media publikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Publikasi pada satu pintu (media publikasi TNGGP).

Acara ditutup dengan paparan dari Kepala Bagian Tata Usaha perihal Tanggungjawab Aparatur Sipil Negara (ASN). Beliau menyampaikan tugas pokok dan fungsi dari ASN yang terdiri dari Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Tertentu, dan Pejabat Fungsional Umum. Dan berpesan dalam menjalankan tugas tambahannya sebagai ASN jangan sampai mengganggu dari tugas pokok dan fungsi.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango