Acara Penutupan “closing Ceremony” Oisca

Penandatanganan Berita AcaraPada hari Kamis, Tanggal 22 Oktober 2015 tepat dimulai jam 9.30 WIB telah dilaksanakan serangkaian acara penutupan “closing ceremony” yang menandakan telah berakhirnya masa kerja sama Program Adopsi Pohon dan Pengembangan Restorasi Ekosistem antara Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan Program Lingkungan Hidup OISCA Sukabumi Training Center (TC) yang mendapat dukungan pendanaan dari Mitsubishi Corporation. Acara closing ceremony tersebut dilaksanakan di blok Bartels Resort PTN Cimungkad.
Pada laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh ketua program Lingkungan Hidup OISCA TC Bapak Ade Hidayat, beliau menyampaikan bahwa pertumbuhan tanaman adopsi pohon di kawasan TNGGP seluas 18 ha pada umumnya sangat bagus. Pada lokasi ini, seluas 1 hektar ditanam pohon dengan metoda Miyawaki yang menggunakan jarak tanam rapat sekitar 70 x 70 cm sehingga pada areal 1 hektar tersebut tertanam sebanyak 20.560 pohon dari 86 jenis tanaman lokal/endemik TNGGP, dan pada lokasi seluas 17 ha ditanam dengan metoda konvensional yaitu dengan jarak tanam 5 x 5 meter, yaitu sekitar 400 pohon per hektar. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa biasanya pelaksanaan adopsi pohon berlangsung selama 3 tahun, tapi di lokasi ini adopsi pohon dilaksanakan selama 5 tahun, dimana pada 3 tahun pertama dilaksanakan penanaman dan pemeliharaan secara intensif serta pada 2 tahun terakhir dilaksanakan kegiatan penunjang program adopsi pohon berupa pemberdayaan masyarakat seperti studi banding ke kampung konservasi, pertanian dan peternakan, pembangunan sarana MCK serta bantuan ternak kambing pada 3 kelompok masyarakat yaitu kelompok ciparay, baru geulis dan pamswakarsa TNGGP. Saat ini perkembangan kambing tersebut sangat baik/signifikan sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.
Setelah laporan pertanggungjawaban OISCA TC, dilanjutkan sambutan dari BBTNGGP yang disampaikan oleh Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Ibu Ir.Sri Andajani, M.Si mewakili Kepala Balai Besar TNGGP yang berhalangan hadir. Pada sambutannya, beliau menyampaikan menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Mitsubishi Corporation, OISCA TC dan Pemda Kabupaten Sukabumi, atas komitmen dan aksi bersama dalam mendukung upaya restorasi, sebagaimana diwujudkan melalui program adopsi pohon ini. Pelaksanaan kerjasama ini merupakan inisiatif dan prakarsa yang sangat baik sebagai wujud bukti nyata kepedulian kemitraan dalam mendukung kampanye penanaman 1 milyar pohon di Indonesia sekaligus berkontribusi dalam upaya mitigasi perubahan iklim dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Selain itu beliau juga menyampaikan harapan agar kegiatan serupa dapat dikembangkan pada lokasi lain di kawasan TNGGP.
foto bersama di makam bartels (penemu elang jawa)Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Mitsubishi Corporation yang disampaikan oleh Mr. Takuo Umemura (General Manager Mitsubishi Corp Jakarta Representative Office), pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa program adopsi pohon di TNGGP merupakan salah satu program lingkungan (CSR) dari Mitsubishi Corp. Sebelumnya program serupa dilaksanakan di Malaysia (tahun 1990), di amazone (tahun 1992) dan di Kenya (tahun 2006). Setelah melihat program percontohan di lokasi tersebut berhasil, maka pada tahun 2011 dirintis upaya kerjasama dengan BBTNGGP. Adapun kegiatan kerjasama ini bukan hanya bertujuan untuk restorasi/penghijauan tapi juga pemberdayaan masyarakat dan pendidikan lingkungan hidup untuk anak-anak sekolah. Beliau mengungkapkan rasa terimakasih dan bahagia karena program ini mendapat dukungan pemerintahan dan diterima dengan baik oleh masyarakat dan untuk menopang kegiatan sosial, kedepannya pihak Mitsubishi Corporation akan memberikan dukungan dengan lebih baik lagi.
Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Asda II bidang ekonomi Pembangunan, Bapak Dana Budiman, mewakili Bupati Sukabumi. Pada sambutannya beliau mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas dukungan Mitsubishi Corp terhadap restorasi hutan di kawasan TNGGP dan bantuan kepada masyarakat sekitar. Diharapkan program seperti ini dapat dilaksanakan di lokasi lainnya khususnya dilingkup wilayah kabupaten Sukabumi. Pada akhir sambutannya, beliau juga didaulat untuk menutup secara resmi kegiatan kerjasama ini yang ditandai dengan pemukulan gong.
Setelah penyampaian sambutan-sambutan, dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima kegiatan kerjasama Program Adopsi Pohon dan Pengembangan Restorasi Ekosistem dari OISCA TC dan Mitsubishi Corp kepada Balai Besar TNGGP serta dilanjutkan dengan foto bersama dan penanaman simbolis sebagai penutup kegiatan kerjasama.
4Sebagai acara tambahan, dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis kepada sekolah-sekolah binaan berupa alat-alat olahraga. Adapun acara pada hari ini dimeriahkan oleh tamu undangan yang terdiri rombongan Mitsubishi Corp ( 1 orang dari kantor pusat Mistsubishi dan 3 orang dari Mitsubishi Corp Jakarta Representative Office), OISCA Jakarta, OISCA Sukabumi TC, Balai Besar TNGGP, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Sukabumi, Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi, Kecamatan Kadudampit, Desa Sukamaju, Pamswakarsa TNGGP, masyarakat kelompok adopsi pohon TNGGP dan murid – murid sekolah binaan OISCA Sukabumi TC di kecamatan kadudampit dari mulai tingkat TK sampai dengan SMP yang didampingi oleh guru sekolahnya masing-masing.
Rangkaian acara diakhiri dengan kunjungan tim Mitsubishi Corporation ke lokasi penanaman adopsi pohon, bangunan pusat informasi Bartels dan makam MEG Bartels serta peninjauan calon lokasi adopsi pohon di Blok Cimunjul, RPTN Pasir Hantap. [teks & foto © TNGGP |23102015|Yanie].