TNGGP : Aksi Hari Peduli Sampah Nasional

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menggelar acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 dengan tema “Cinta Kita untuk Bumi”, diisi antara lain dengan operasi bersih (Opsih). Disamping untuk memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional, Opsih ini, sekaligus juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TN. Gn. Gede Pangrango ke-40, dan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2020.

Rangkaian acara peringatan HPSN di BBTNGGP telah berlangsung sejak tanggal 3 Maret 2020 dilaksanakan operasi bersih (Opsih) jalur wisata air terjun Cibeureum di Resort Selabintana; dilanjutkan tanggal 13 sampai 15 Maret 2020 dengan operasi bersih di jalur pendakian Cibodas – Resort Cibodas dan jalur pendakian Gunung Putri – Resort Gunung Putri. Tanggal 16 Maret Opsih dilaksanakan di Resort Situgunung dan Museum Bartelsi di Resort Cimungkad. Resort Selabintana merencanakan Opsih tanggal 27 sampai 28 Maret, sekaligus sambil memeriksa jalur batas.

Kepala Balai, Wahju Rudianto membuka langsung Opsih jalur pendakian Cibodas – Gunung Putri, pada tanggal 13/03/2020 di halaman kantor TNGGP. Opsih yang dirasakan sebagai media untuk saling bersinerginya para pihak ini diikuti oleh petugas TNGGP dan mitra kerjanya, yaitu: Volunteer GPO, Volunteer Montana, Koperasi Surya Kencana Mandiri Sejahtera, Koperasi Cantigi Wisata Sejahtera, Volunteer Evergreen, Volunteer PAL, Pencinta Alam PT. Daya Cobelco, perwakilan Mahasiswa Program Studi Ekowisata IPB, serta simpatisan lainnya.

Sebanyak 265 orang turut serta dalam Opsih di jalur pendakian Cibodas – Gn. Putri, dan berhasil menurunkan sampah sebanyak 517 Kg dari jalur Gunung Putri dan 508 Kg dari jalur Cibodas. Sampah yang terkumpul langsung disambut truk sampah “Kompepar” (Kelompok Penggerak Pariwisata) Cibodas untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Selain bersih-bersih sampah, tim Opsih juga melakukan pembersihan pohon tumbang yang menghalangi jalur pendakian, serta melakukan pengecekan fasilitas wisata yang ada untuk dilaporkan dan diusulkan pemeliharaaannnya agar dapat berfungsi dengan lebih baik lagi.

Senin (16/03/2020) dilaksanakan juga Opsih yang bernuansa sebagai ajang silaturahim ini, di dua lokasi lainnya yaitu di Resort Situgunung dan Museum Bartelsi – Resort Cimungkad. Operasi di Resort Situgunung diikuti oleh 125 orang, di sini Petugas TNGGP, ditemani bersinergi dengan Karyawan PT. Fontis Aquam Vivam, Muspika Kecamatan Kadudampit, Rakata, Kelompok Ojeg Wisata, Kelompok Warung Wisata, Kelompok Perahu Situgunung, Volunteer Situgunung, dan Relawan. Di kompleks Museum Bartelsi – Resort Cimungkad Opsih dilangsungkan oleh petugas Resort Cimungkad bersama Kelompok Masyarakat Wisata.

Dari aksi Operasi Bersih ini diharapkan juga akan menumbuhkan rasa tanggungjawab moral masyarakat untuk memelihara kebersihan lingkungan, khususnya kawasan konservasi. Target jangka panjangnya untuk menumbuhkembangkan kesadarpedulian masyarakat agar mau menjaga kelestarian kawasan TNGGP dan kreatif berinovasi.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Teks: Darwin dan Asep Suganda
Dok : Isna Farhanuddin, Asep Suganda, dan Anwar Duriat