Terimakasih Pemkab Cianjur Atas Fasilitasi Swab Test-nya

Cianjur, 8 Juli 2020. Menyambut pembukaan kembali kegiatan wisata alam, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melakukan berbagai persiapan, diantaranya pengecekan kesehatan pegawai selaku pelayanan publik melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) swab test. Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan kewaspadaan penyebaran COVID-19 dalam pelayanan pubik di era tatanan normal baru dan di lingkungan internal Balai Besar TNGGP. Persiapan seperti ini memang penting dilakukan sehubungan dengan munculnya Pandemik Covid-19. Terlebih TNGGP merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Sebanyak 168 orang pegawai TNGGP, baik Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), dan pegawai KPRI Edelweis TNGGP melaksanakan test swab secara bertahap yang difasilitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur. Test swab dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Cianjur selama tiga hari Senin (06/07/2020) sampai Rabu (08/07/2020).

Menjelang test, pada umumnya para pegawai merasa takut, was-was, deg-degan, panas-dingin campur menjadi satu, karena belum tahu cara dan rasa pelaksanaan test. Ketika melihat orang yang ditest (pengambilan sampel cairan dari hidung), timbul rasa takut dan pertanyaan bagaimana rasanya diambil cairan dari dalam hidung, rasa geli kah? Rasa ngilu kah? Atau bahkan rasa sakit yang dirasa?

Satu per satu kami pun dipanggil untuk masuk ke bilik pengambilan sampel. Ternyata setiap orang merasakan sensasi yang berbeda, seperti halnya diutarakan oleh Rina Wulandari salah satu Polisi Kehutanan TNGGP, “test swab rasanya….nyess sakit, alatnya panjang dimasukan ke hidung rasanya seperti keselek makanan di tenggorokan”. “Tapi tidak perlu khawatir karena sakit yang dirasa hanya sementara jauh dari manfaatnya untuk kepentingan orang banyak dalam pencegahan COVID-19”, imbuh Rina.

Hasil test swab baru bisa diketahui sekitar dua minggu ke depan, timbul masalah baru yaitu rasa was-was, positif apa negatif ya hasilnya? Namun semoga semua hasilnya negatif. Sehingga Balai Besar TNGGP bisa melayani para wisatawan dengan aman dan nyaman.

Dengan dilaksanakannya test swab ini Wahju Rudianto, Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berserta seluruh jajarannya mengucapkan terimakasih kepada Plt. Bupati Cianjur, Herman Suherman dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Cianjur atas fasilitasi test swab.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango