Super Global High School Program Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Selasa 7 Agustus 2018, bertempat di ruang film Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), sebanyak 21 siswa, mengikuti acara penutupan kegiatan International Field Work 2018 dalam Program Super Global High School Sakado Jepang. “Field work” yang dimulai tanggal 31 Juli sampai 06 Agustus 2018 dilaksanakan dalam rangka mendukung visi TNGGP “Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Menjadi Pusat Pendidikan Konservasi Kelas Dunia”.

Jauh hari sebelum pelaksanaan field work, dilakukan diskusi antara pihak Sakado, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM), serta Balai Besar TNGGP sebagai persiapan untuk membicarakan tempat pelaksanaaan, peserta, dan materi yang akan disampaikan. Dari diskusi ditetapkan tempat kegiatan di Resort PTN Sarongge Desa Ciputri, Peserta berasal dari Senior High School at Sakado (Jepang), Lab. School Kornita IPB, dan Sekolah Menengah Kehutanan (SMK) Kadipaten, Pekanbaru, Samarinda, serta Makassar. Peserta terbagi dalam tiga kelompok dengan tema, yaitu: Pendidikan Lingkungan (Environmental Education), Pemberdayaan Masyarakat (Community Development), dan Ekowisata (Ecotourism).

Pada acara penutupan dilakukan evaluasi, setiap kelompok mempresentasikan hasil kegiatan lapang yang telah dilaksanakan. Namun sebelum evaluasi terlebih dahulu disampaikan sambutan dari Kepala Bagian Program dan Kerjasama, BP2SDM (Ir. M. Tangkas, M.Sc.) serta sambutan Kepala Balai Besar TNGGP (Wahju Rudianto, S.Pi. M.Si.).

Pada acara evaluasi masing-masing kelompok mempresentasikan kegiatannya. Kelompok Ekowisata (Ecotourism) merancang program berupa penyusunan guidebook mengenai potensi wisata yang ada di Desa Ciputri. Kelompok Pendidikan Lingkungan (Environmental Education) mempresentasikan gerakan 3R (Reduce, Reuse, dan Recyle). Kelompok Pemberdayaan Masyarakat (Community Development) mempresentasikan kegiatan promosi Produk Saung Sarongge. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan Kepala Balai Besar TNGGP menyampaikan pesan kepada ketiga kelompok yang telah tampil agar kegiatan yang sudah dirancang bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan, namun juga memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitar kawasan TNGGP.

Kegiatan International Field Work 2018 dalam Program Super Global High School Sakado Jepang kali ini merupakan kegiatan yang kelimakalinya.  Pertama kali dilakukan pada tahun 2014 dan terus berlanjut setiap tahunnya

Sumber: Fauziyyah Amatullah Lamis