Studi Kelimpahan, Pola Sebaran Leptophryne Borbonica Dan Limnonectes Kuhlii Di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Peneliti: Dra. Meitiyani, M.Si; Agus Pambudi Dharma, S.Pd

Topik Satwa

Tahun : 2013

No. Pustaka:

Abstrak
Leptophryne borbonica dan Limnonectes kuhlii merupakan dua jenis amfibi. Informasi mengenai kelimpahan kedua jenis ini masih sangat kurang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat kelimpahan, pola sebaran Leptophryne borbonica dan Limnonectes kuhlii di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Penelitian dilaksanakan selama lima bulan yaitu pada bulan Januari sampai dengan Mei 2013. Metode yang digunakan adalah survei penjumpaan visual (visual encounter surveys) digunakan untuk memperkirakan kelimpahan relatif spesies dan penyebarannya. Penelitian dilakukan di lima sungai yang berbeda yaitu: Sungai Cisuren, Sungai Cikaweni, Aliran DAM, Cipanyairan I dan Cipanyairan II.
Hasil perhitungan kelimpahan dua spesies amphibi di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB) yaitu Limnonectes kuhlii 67,7% dan Leptophryne borbonica 32,3% Limnonectes kuhlii melimpah di sungai Cipanyairan I, sungai Cisuren dan aliran DAM, dan tergolong banyak di sungai Cipanyairan II, dan sungai Cikaweni. Sedangkan Leptophryne borbonica melimpah di sungai Cipanyairan I dan sungai Cisuren, banyak di sungai Cipanyairan II, dan jarang ditemukan di sungai Cikaweni dan sungai Cisuren. Hasil perhitungan sebaran populasi menunjukan nilai X2 hitung Limnonectes kuhlii = 134,9 dan nilai X2 hitung Leptophryne borbonica = 76,83 kedua-duanya lebih besar dari X2 tabel (? = 5%) = 9,49. Sehingga disimpulkan pola sebaran kedua species amphibi adalah tidak merata atau acak.