Strategi Balai Besar TNGGP Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Daerah Penyangga (kth Hejo Cipruk, Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur)

Cianjur, 27 Desember 2017, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) memberikan bantuan usaha ekonomi masyarakat berupa alat dan bahan Pembuatan Green House Budidaya Pertanian Paprika ke salah satu KTH Binaan TNGGP yaitu KTH Hejo Cipruk yang berada di Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. Desa Gekbrong merupakan salah satu desa binaan TNGGP yang telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal KSDAE Nomor: SK.80/KSDAE/SET/KSA.1/.2017 tentang Penetapan  Lokasi Desa Binaan Dan Pendamping Pada Daerah Penyangga Kawasan Konservasi.

Kepala Bidang PTN Wilayah I (Ir.V.Diah Qurani Kristina, M.Si.) hadir mewakili Kepala Balai Besar TNGGP untuk menyerahkan bantuan. Dalam sambutannya Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur menyampaikan bahwa bentuk bantuan yang diserahkan ke KTH Hejo Cipruk melalui proses partisipatif yang artinya bahwa bentuk bantuan merupakan usulan dari masyarakat dan disepakati bersama antara pihak KTH Hejo Cipruk dan pihak TNGGP. Pembinaan oleh TNGGP sejak tahun 2016 hingga saat ini antara lain pembentukan kelompok, identifikasi tipologi di Desa Gekbrong (KTH Hejo Cipruk), peningkatan kapasitas kelembagaan kelompok (pembuatan akta notaris), pelatihan Business Plan, penyusunan rencana pembinaan Kelompok Tani Hutan, hingga akhirnya KTH mengusulkan proposal Pembuatan Green House Budidaya Pertanian Paprika. Setiap kegiatan/ bantuan yang selama ini diberikan oleh TNGGP diharapkan tidak hanya dianggap sebagai proyek sesaat tetapi bisa diaplikasikan oleh kelompok hingga dapat membangun usaha ekonomi kelompok secara mandiri. Kegiatan budidaya pertanian paprika yang akan dilaksanakan oleh KTH Hejo Cipruk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar baik lokal maupun luar Kabupaten Cianjur.

Ketua Kelompok Tani Hutan Uden Suherlan menyampaikan bahwa kegiatan pembuatan Green House budidaya pertanian paprika yang akan dilaksanakan oleh KTH Hejo Cipruk merupakan kegiatan yang memiliki konsep menggabungkan pendekatan peningkatan ekonomi masyarakat dan perlindungan alam serta lingkungan. Semoga bantuan pembuatan Green House budidaya pertanian paprika dari TNGGP dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan dengan tetap menjaga kelestarian kawasan TNGGP. Kelompok Tani Hutan Hejo Cipruk menyadari bahwa usaha yang dilaksanakan oleh kelompok sangat tergantung dengan kesedian air, oleh karena itu agar kelestarian air tetap terjaga maka masyarakat harus menjaga kelestarian kawasan sehingga usaha kelompok dapat terus berkembang.

Sumber: Febriyani, S.Hut (Penyuluh BBTNGGP)