Sosialisasi Rencana Pemenuhan Komitmen Pt. Cibodas Puncak Nirwana (pt. Cpn) Atas Iupswa Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Cibodas, 4 September 2019. PT. Cibodas Puncak Nirwana (PT. CPN) mengadakan sosialisasi rencana kegiatan dalam rangka pemenuhan komitmen atas Izin Usaha Penyediaan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) pada zona pemanfaatan Mandalawangi – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Acara dibuka oleh V. Diah Qurani Kristina (Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur). Dalam sambutannya beliau menyampaikan, bahwa di kawasan TNGGP dimungkinkan adanya Izin Usaha Penyedia Jasa Wisata Alam (IUPJWA) dan Izin Usaha Penyedia Sarana Wisata Alam (IUPSWA). Salah satu calon pemegang IUPSWA adalah PT. CPN yang telah mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam pengembangan wisata alam di TNGGP (Ruang Usaha Zona Pemanfaatan Mandalawangi, SPTN Wilayah I Cibodas, Bidang PTN Wilayah I Cianjur).

Aktivitas wisata di Mandalawangi maupun di sekitarnya saat ini sudah berjalan sehingga diharapkan dengan sosialiasi ini didapat harmonisasi antara PT. CPN dengan masyarakat sekitar khususnya masyarakat pelaku usaha wisata, Pemda, dan instansi terkait.

Pemaparan sosialiasi dari pihak PT. CPN disampaikan oleh Chrystanto (Direktur Operasional PT Cibodas Puncak Nirwana) dan Roossusetyo (Staf PT. CPN), dalam pemaparannya disampaikan rencana pengembangan wisata alam di Ruang Usaha Zona Pemanfaatan Mandalawangi yang akan dibagi menjadi tiga klaster termasuk di dalamnya untuk area pemberdayaan masyarakat sekitar (community empowerment area).

PT. CPN dalam pengembangan usahanya akan menyasar wisatawan yang berbeda (pangsa pasar menengah keatas) yang diharapkan tidak mengganggu terhadap kegiatan usaha wisata masyarakat atau EO yang selama ini telah berjalan.

Selain pihak Balai Besar TNGGP dan PT. CPN, turut hadir perwakilan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Vulkanologi dari Pos Pengamatan Gunung Api Gede, Kepolisian Sektor Pacet, Komandan Rayon Militer Cipanas, Babinsa Desa Cimacan, Bhabinkamtibmas Desa Cimacan, Camat Cipanas, Kepala Desa Cimacan, KPRI Edelweis, PT Nuansa Alam Selaras, Ketua RW 04 Rarahan, Ketua RT 06 Rarahan, Event Organizer (EO) Mandalawangi, Kebersihan Keamanan dan Kenyamanan (K3) Cibodas, Komunitas Warung Mandalawangi, pengelola parkir Mandalawangi, dan stake holders terkait lainnya.

Dalam sesi diskusi beberapa peserta rapat yang hadir memberikan pertanyaan dan masukan, diantaranya Nanang Suryana perwakilan dari Desa Cimacan, yang menanyakan batas-batas wilayah yang akan dikembangkan oleh PT. CPN. Nanang juga mengusulkan agar setiap aktivitas pengembangan yang dilakukan oleh PT. CPN dikoordinasikan dengan pihak Desa Cimacan. Budiman perwakilan dari Resort Pos Pengamatan Gunung Api Gede, menginformasikan bahwa wilayah Mandalawangi termasuk Zona II Kawasan Rawan Bencana (KRB) sehingga dalam rencana pembangunan sarana agar berkonsultasi/ menggunakan tenaga ahli di bidang terkait. Poppy Oktadiyani perwakilan dari KPRI Edelweis, menanyakan peluang kerjasama usaha dalam pengembangan wisata Mandalawangi dengan PT. CPN. Asep Dulloh (Abah Codet) perwakilan dari Komunitas Warung Mandalawangi, menanyakan perihal keberadaan pohon-pohon yang sudah tumbuh puluhan tahun apakah akan tetap berdiri dengan adanya IUPSWA PT. CPN. Sirojudin Abas dari EO Mandalawangi, menanyakan apabila ada event di Mandalangi apakah masih bisa menggunakan track maupun fasilitas PT. CPN.

Secara umum pihak PT. CPN pun menanggapi pertanyaan dan informasi dalam diskusi, sebagai berikut:

  1. PT. Cibodas Puncak Nirwana akan melibatkan masyarakat sekitar dalam pengembangan wisata yang akan dilakukan antara lain, melalui penyediaan community empowerment area.
  2. Dalam pengembangan usaha wisatanya akan bekerjasama dengan masyarakat, Koperasi, Bumdes, dan Pemda.
  3. PT. Cibodas Puncak Nirwana berharap dalam pengembangan usahanya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata yang dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa dan pendapatan daerah.
  4. Dalam pembangunan sarana dan prasarana di dalam kawasan konservasi akan berpedoman terhadap kaidah kaidah konservasi/ menjaga kelestarian lingkungan sebagaimana aturan yang ada.

Diakhir acara para pihak terkait menyatakan bahwa pada prinsipnya mendukung rencana pengembangan wisata alam yang akan dilakukan oleh PT. Cibodas Puncak Nirwana (PT. CPN) sejauh mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango