Taman Nasional Gunung Gede Pangrango [National Park]

The Oldest Tropical Mountain Rain Forest of Java

Depan » Berita » Siswa SEBA SPN LIDO Menanam di Blok Batu Karut (Petak 5)


Siswa SEBA SPN LIDO Menanam di Blok Batu Karut (Petak 5)

22.2.13Hits 2.102 views|BeritaCetak

Siswa SEBA Menanam

Setiap pergantian tahun selalu ada perubahan. Warga selalu melakukan renungan atas apa yang telah diperbuat untuk kemudian melanjutkannya secara lebih baik tahun berikutnya. Awal tahun memberikan semangat yang baru untuk menjadi lebih baik, khususnya untuk melakukan perubahan lingkungan yang semakin hari semakin memprihatinkan.

Hal ini pulalah yang dilakukan oleh Volunteer Eagle, Volunteer PAL, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Kelompok Tani Bersaudara, beserta Sekolah Kepolisian Negara Lido atau SPN Lido-Bogor, dalam kegiatan awal tahun mereka mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon di Batu Karut, Selasa (1/1/2013), kegiatan penanaman ini diikuti ± 500 orang siswa SEBA Angkatan 38 SPN Lido-Bogor, mereka bersama-sama menanam sekitar 500 bibit pohon rasamala dan bibit pohon kopo.

Blok Batu Karut berada di Resort PTN Model Bodogol dan merupakan kawasan hulu serta sumber air bagi SPN Lido dan sekitarnya. Hal tersebut mengundang keprihatinan dari SPN Lido, karena saat musim kemarau tiba sumber air di kawasan tersebut menjadi berkurang. Guna menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Batu Karut, SPN Lido membawa ± 500 orang siswa SEBA Angkatan 38 bersama-sama dengan Volunteer dan BBTNGGP melaksanakan penanaman bibit pohon rasamala dan kopo sebanyak 1.000 pohon.

Menurut penuturan dari Volunteer PAL bibit pohon rasamala dan kopo tersebut dipilih karena  jenis pohon tersebut cocok digunakan untuk reboisasi. Sebelum melakukan penanaman, siswa Seba SPN Lido diberikan pengarahan Oleh Volunteer Eagle dan TNGGP tentang bagaimana cara membawa bibit pohon dan teknis penanamannya.

Kegiatan penanaman pohon mendapatkan apresiasi positif dari pihak SPN Lido, pihak SPN Lido ingin mengadakan kembali kegiatan penaman pohon, dengan harapan daerah resapan air tersebut dapat lebih hijau dan rindang sehingga air pun lebih terjamin untuk pasokan ke SPN khususnya dan masyarakat sekitar umumnya. Semoga dengan kegiatan penanaman pohon ini akan lebih banyak lagi pihak yang akan ikut berpartisipasi untuk menjaga, menghijaukan dan melestarikan hutan beserta isinya.

[Teks & Gambar I BW 3]