Semangat Berbagi Dengan Masyarakat Sekitar

Kalo lagi Ramadhan, kamu biasa mengisi waktu bagaimana? Apa kamu punya kegiatan khusus di bulan Ramadhan? Kali ini, ada agenda spesial dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-74 di Resort Gunung Putri – Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melaksanakan bakti sosial.

Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) Unit Layanan Kesehatan (ULK) Edelweis TNGGP dan masyarakat yang tergabung dalam Forum Ekowisata Gunung Putri pada hari Kamis, tanggal 29 Mei 2019 telah melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan kepada anak yatim dan pengecekan serta pengobatan gratis kepada 100 orang masyarakat yang memerlukan di Desa Sukatani. Kegiatan bakti sosial ini merupakan kerja bersama Forum Ekowisata Gunung Putri, petugas Resort Gunung Putri, dan ULK Edelweis TNGGP – KPRI Edelweis.

Acaranya di mana, siapa saja yang hadir, dan siapa yang bertugas? Kegiatan ini dilaksanakan di MTs Al-Ikhlas Gunung Putri, Desa Sukatani yang letaknya di sekitar dengan pintu masuk pendakian. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari TNGGP yang diwakili oleh Kepala Resort dan seluruh petugas Resort Gunung Putri; turut hadir pula tokoh agama dan masyarakat Desa Sukatani; unsur Tripides Sukatani (perwakilan aparat desa, Babinsa, Bhaninkamtibmas); dan seluruh anggota Forum Ekowisata Gunung Putri.

Apa aja sih, keuntungan pemeriksaan medis itu buat masyarakat? Dalam kegiatan ini masyarakat bisa memeriksakan diri dan berkonsultasi kesehatan kepada tim medis ULK Edelweis yang dipimpin oleh dr. Herdiansyah Kusuma selaku dokter penanggung jawab di ULK Edelweis, sehingga pencegahan dan penanggulan kondisi kesehatan sedini mungkin dapat segera dilakukan, bagi masyarakat yang terdeteksi kurang sehat langsung dilakukan penanganan dan diberikan obat-obatan secara gratis.

Selesai dzuhur, acara dilanjutkan dengan sambutan, tauziah ramadhan, dan pembagian santunan untuk anak yatim. Dalam sambutan perwakilan dari Balai Besar TNGGP dalam hal ini diwakili oleh Kepala Resort Cibodas menyampaikan bahwa hubungan TNGGP dan masyarakat adalah saling membutuhkan, sehingga perlu adanya kebersamaan untuk mewujudkan “leuweung hejo masyarakat ngejo” kawasan hutan yang lestari dan masyarakat yang sejahtera apalagi bertepatan dengan Ramadhan dan semangat lahirnya Pancasila.

Sebagaimana juga yang disampaikan dalam tauziah Ramadhan oleh Ustadz Dudus bahwa kegiatan santunan kepada anak yatim akan memberikan rahmat dari Allah kepada kampung dan masyarakat Gunung Putri serta menghindarkannya dari musibah dan bencana. Dalam kegiatan ini terdapat 40 anak-anak yang mendapatkan santunan.

Melalui kegiatan ini, kita semua dapat mengetahui bahwa kerjasama antara Balai Besar TNGGP dengan masyarakat bisa melahirkan kebaikan untuk masyarakat sekitar. Harapannya, kerjasama dan kebaikan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu dan terus berkembang sehingga kawasan TNGGP dapat terus lestari saat ini dan masa yang akan datang.

Teks: Latifa Nur Artiningsih