Rimbawan-marinir, Kompak

Bojong Lopang, Selasa (23/03/2021). Masih dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan ke-38, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) lingkup Bidang PTN Wilayah II Sukabumi mengadakan kegiatan pembinaan pegawai dengan melakukan latihan menembak di Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 6 Antralina. Acara ini diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari 35 orang pegawai lingkup bidang PTN Wilayah II Sukabumi dan 25 orang dari unsur pimpinan kantor Balai Cibodas, Bidang Wilayah I Cianjur, dan Bidang Wilayah III Bogor.

Komandan Puslatpurmar 6 Antralina, Mayor Marinir Hadi Wibowo, M.Tr.Opsla dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar TNGGP di Puslatpurmar 6 Antralina. “Saya cukup bangga dan senang dengan kedatangan rekan-rekan dari Balai Besar TNGGP yang akan melaksanakan pembinaan di tempat kami. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini rekan-rekan Balai Besar TNGGP tidak hanya dapat meningkatkan sinergitas tetapi juga soliditas. Selain itu kedepannya kami sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan para pihak”.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Puslatpurmar 6 Antralina atas fasilitasi kegiatan pembinaan pegawai. Semoga kedepannya dapat menjalin kerjasama yang lebih baik lagi dan bersama-sama berjuang menjaga kedaulatan NKRI di bidangnya masing-masing”, ucap Kepala Balai Besar TNGGP, Wahju Rudianto, S.Pi, M.Si dalam sambutannya.

Selain itu dalam sambutannya Kepala Balai Besar TNGGP menyampaikan pengenalan mengenai kawasan TNGGP kepada Komandan Puslatpurmar 6 Antralina. Bahwa Balai Besar TNGGP merupakan kawasan konservasi memiliki luasan 24.270,80 Ha meliputi wilayah Kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Salah satu tugas TNGGP adalah untuk meyakinkan bahwa air bersih tetap terjaga serta udara segar masih bisa dirasakan tidak hanya hari ini tetapi juga untuk keberlangsungan hidup termasuk keberadaan sumberdaya alam agar masih bisa dinikmati anak cucu.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi di Gedung Golok mengenai pengenalan berbagai macam senjata oleh tim pelatih dari Puslatpurmar 6 Antralina yang terdiri dari senjata laras panjang dan laras pendek. Setelah materi singkat pengenalan senjata, seluruh peserta bergerak menuju ke lapangan tembak untuk diberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai penggunaan senjata. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, kelompok 1 terdiri dari unsur pimpinan sedangkan kelompok 2 terdiri dari pegawai. Senjata yang digunakan kelompok 1 adalah pistol ceska CZ83 kaliber 7,65 sedangkan kelompok 2 menggunakan senapan pinggang jenis pm 1A1 sebanyak 25 pucuk kaliber 9 mm.

Setelah acara latihan menembak dilanjutkan dengan acara penanaman secara simbolis oleh Komandan Puslatpurmar 6 Antralina, Kepala Balai Besar TNGGP, dan Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi. Jumlah bibit yang diserahkan kepada Puslatpurmar 6 Antralina adalah sebanyak 150 bibit yang terdiri dari 50 bibit nangka (Artocarpus heterophylus), 20 bibit damar (Agathis dammara), 20 bibit pete (Parkia speciosa), dan 60 bibit rasamala (Altingia excelsa). Penyerahan bibit ini sebagai wujud sinergitas rimba-laut untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia.

Acara pembinaan pegawai ini ditutup dengan sosialisasi Internalisasi di lingkup Balai Besar TNGGP terkait Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango oleh Kepala Bagian Tata Usaha (KBTU), Wasja, SH. Sebagai bentuk komitmen, seluruh pegawai mengucapkan deklarasi untuk mendukung dan mewujudkan BBTNGGP menjadi wilayah bebas korupsi yang dipimpin oleh Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Ir. Syahrial Anuar, MM.

Semoga dengan terlaksananya kegiatan pembinaan pegawai ini dapat mewujudkan sinergitas dan soliditas antar pegawai Balai Besar TNGGP dan juga antar instansi.
Rimbawan – Marinir, Kompak.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Teks & Dokumentasi: Bidang PTN Wilayah II Sukabumi