Restorasi Kawasan Kerjasama Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Dengan Pt. Tirta Investama Qq Plant Cianjur

Dalam rangka restorasi kawasan untuk peningkatan upaya konservasi keanekaragaman hayati, pada hari Senin 08 Juni 2015 bertempat di Resort PTN Tegallega pada blok Citatah, Seksi PTN Wilayah II Gedeh Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melaksanakan kegiatan penanaman  pohon asli setempat. Kegiatan yang di inisiasi oleh Seksi PTN Wilayah II Gedeh ini terselenggara atas kerjasama antara Balai Besar TNGGP dengan PT Tirta Investama Qq Plant Cianjur.
Selain Balai Besar TNGGP dan PT Tirta Investama Qq Plant Cianjur, kegiatan penanaman ini juga didukung oleh beberapa perangkat daerah seperti Rayon Militer Wilayah Gekbrong, Yonif 300 Raider, Camat Gekbrong, Camat Warung Kondang, Dinas Kehutanan, Polsek Cugenang, Polsek Warung Kondang dan Masyarakat Mitra Polhut. Sedangkan Jumlah bibit yang ditanam dalam kegiatan tersebut berjumlah 2.800 batang tanaman lokal TNGGP yang terdiri dari bibit rasamala, puspa dan manglid dengan pola tanam pengkayaan.

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua Panitia dari PT Tirta Investama Qq Plant Cianjur. Dalam sambutannya PT Tirta Investama Qq Plant Cianjur merasa bangga dan berterima kasih karena telah dapat bekerja sama dalam kegiatan restorasi kawasan dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, serta berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut dalam berpartisipasi menjaga kelestarian Kawasan Balai Besar TNGGP.   .
Sementara itu dalam sambutan Bupati Cianjur yang di wakili oleh Camat Gekbrong menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Balai Besar TNGGP dan semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan penanaman ini, dengan harapan kegiatan ini terus berlanjut agar dapat menjaga kelestarian kawasan dan meningkatkan konservasi keanekaragaman hayati TNGGP sebagai penyangga kehidupan khususnya bagi masyarakat Cianjur.

Selanjutnya Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Ir. Herry Subagiadi, M.Sc) mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggnya kepada PT Tirta Investama Qq Plant Cianjur serta semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan penanaman ini, sehingga dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Dengan kegiatan penanaman ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kerjasama antar para pihak untuk terus dapat berperan aktif dan berpartisipasi dalam menjaga kelestarian dan keutuhan kawasan TNGGP. Selanjutnya Kepala Balai Besar TNGGP membuka secara resmi kegiatan penanaman ini dan acara penanaman dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama-sama pada areal hutan di blok Citatah seluas ± 7 ha dengan penuh semangat.

“Green World for Save Our World”
[text dan foto : Randi @BBTNGGP|23062015|D&G]