“puskoling – Perpustakaan Konservasi Keliling”

Puskoling adalah unit perpustakaan konservasi keliling Taman Nasional Gunung Gede Pangrango  (TNGGP). Unit ini biasa membawa buku-buku ke sekolah-sekolah yang berada di zona penyangga untuk dibaca oleh siswa-siswi. Sebagai tiketnya, setiap yang mau membaca buku diharuskan memungut sampah dari sekitar lingkungan sekolah dan menyimpannya di tempat sampah yang disediakan.

Kegiatan ini tidak saja disambut baik oleh para pelajar, namun mendapat dukungan dari para kepala sekolah dan bersesuaian dengan program “literasi” Dinas Pendidikan Nasional di tiga kabupaten (Cianjur, Sukabumi, dan Bogor). Dengan demikian diharapkan Puskoling dapat berkembang dengan baik dan bantuan dari berbagai pihak, sehingga tujuannya dapat segera bisa tercapai.

Pada kegiatan perdananya, dilaksanakan di SD Negeri Nyalindung 3 Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur mendapat komentar positif dari salah seorang guru, program Puskoling berhasil memotivasi para pelajar dengan signifikan untuk membaca, “biasanya siswa-siswi sulit kalau disuruh membaca, tetapi melalui program Puskoling ini Alhamdulillah siswa-siswi kami sangat antusias”, jelas Sri Noviani guru SD Negeri Nyalindung 3.

Lebih lanjut Sri menjelaskan bahwa program Puskoling dengan “tiket” sampah sebagai “password” untuk meminjam buku, menjadikan siswa lebih peduli terhadap lingkungan dan menumbuhkan pemahaman bahwa sampah adalah berkah untuk mencari ilmu. Memang dengan sedikit inovasi dalam program pendidikan konservasi lingkungan ini, bisa diharapkan akan mendorong menumbuhkan minat baca masyarakat yang pada saat inni dirasakan masih tergolong rendah.

Sumber: Ika Rosmalasari – PEH Penyelia Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango