Pola Pergerakan Harian Katak Pohon Jawa (rhacophorus Margaritifer) Dengan Menggunakan Metode Radio Tracking Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jawa Barat.

Peneliti: Siregar, Benny Aladin

Topik : Satwa

Tahun : 2013

No. Pustaka:

Abstrak
Salah satu metode untuk memperoleh informasi tentang pergerakan satwa yaitu penggunaan radio tracking. Penggunaan radio tracking dalam penelitian pergerakan katak sampai saat ini belum pernah dilakukan di Indonesia padahal penelitian tentang pola pergerakan harian amfibi pernah dilakukan namun menggunakan metoda non-radio tracking.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menggambarkan pola pergerakan Katak Pohon Jawa Rhacophorus margaritifer dengan menggunakan metode radio tracking di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, 2) Mengetahui pengaruh pemasangan radio transmitter terhadap bobot dan perilaku pergerakan individu katak, dan 3) mendeskripsikan penggunaan ruang oleh Katak Pohon Jawa Rhacophorus margaritifer di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
Penelitian dilakukan pada bulan Mei – September 2011 disepanjang jalur pos Penyangcangan hingga Curug Tiga Cibeureum (± 0,6 Km), Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak pada ketinggian 1500-1650 mdpl. Pengambilan data tentang pergerakan masing-masing individu katak dilakukan kurang lebih selama 8 hari (192 jam) dengan frekuensi pengambilan data setiap 12 jam. Sebanyak 11 individu Rhacophorus margaritifer telah diamati, yang terdiri atas 8 jantan 3 betina. Setiap individu dipasangi transmitter yang berbobot rata-rata 10% dari berat tubuh untuk katak jantan dan 5% dari berat tubuh untuk katak betina. Setiap aktivitas katak yang teramati pada setiap lokasi dijelaskan secara deskriptif. Analisis kuantitatif pergerakan individu Rhacophorus margaritifer berupa pengukuran jarak pergerakan dan penghitungan nilai alur kelurusan.
Semua Rhacophorus margaritifer yang diamati melakukan pergerakan secara horizontal dan vertikal. Nilai jarak perpindahan vertikal dari tanah terjauh yaitu 7,93 m dan jarak perpindahan horizontal