Pertemuan Kelompok Tani Hutan (kth) Gerbi Lestari

Cibodas, 6 Oktober 2017. Pada hari Jumat minggu pertama setiap bulannya dilakukan pertemuan rutin antara Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Gerbi Lestari. Pertemuan rutin ini dimaksudkan sebagai wadah untuk sarana belajar, berbagi pengalaman, serta ajang pertukaran informasi, antar sesama anggota kelompok, juga dengan masyarakat sekitar dan para Penyuluh Kehutanan TNGGP maupun fungsional lainnya.

Kelompok Tani Hutan (KTH) Gerbi Lestari merupakan KTH Binaan Balai Besar TNGGP beranggotakan masyarakat Geger Bentang Resort Cibodas, Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Bidang PTN Wilayah I Cianjur. Secara administrasi berada di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Anggota KTH ini merupakan eks penggarap di kawasan TNGGP.

Pertemuan pada hari Jum’at minggu pertama Bulan Oktober 2017,  dimulai dengan “ice breaking” yang disajikan melalui video untuk memotivasi kelompok agar selalu solid dan berkomitmen. Informasi utama, disampaikan melalui pemutaran film dokumenter “Pesona di Jantung Jawa Barat” bercerita tentang potensi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Dengan penyajian informasi yang dikemas sedemikian rupa sehingga mempunyai daya tarik yang cukup baik.  Tidak heran apabila pada pertemuan kali ini tidak hanya pengurus dan anggota KTH Gerbi Lestari saja yang hadir, tapi banyak juga warga setempat, terutama ibu-ibu dan anak-anak turut serta menyaksikan film dokumenter TNGGP.

Selama pemutaran film, terlihat wajah-wajah yang antusias, tidak sedikit muncul decak kagum dengan kekayaan, keindahan, keunikan, dan manfaat serta kegunaan dari sumber daya alam yang selama ini belum mereka sadari.  Pesan utama yang ingin disampaikan dari pertemuan ini, adalah mengajak masyarakat untuk selalu menjaga keutuhan dan kelestarian kawasan TNGGP, yang ternyata  begitu kaya dan banyak manfaat.  Manfaat TNGGP ini, selain dirasakan masyarakat sekitar juga masyarakat umum secara luas bahkan masyarakat dunia.

Sumber: Wita Puspita Ningrum, S.ST. – Penyuluh Kehutanan Balai Besar TNGGP