Pers Release Kebakaran Rumput Di Alun-alun Surya Kencana

UntitledAlun-alun Suryakencana yang berada dikawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengalami kebakaran rumput yang diperkirakan seluas 5 ha. Kebakaran ini diketahui berdasarkan patroli rutin petugas TNGGP pada hari Minggu tanggal 27 September 2015 pada pukul 10.00 WIB, selanjutnya petugas TNGGP beserta masyarakat sekitar Gunung Putri dan Gunung Batu Cianjur berhasil memadamkannya pada pukul 18.00 WIB. Guna memastkan bahwa kebakaran telah berhenti total,  petugas dan masyarakat menginap di Alun-alun Suryakencana, dan dilanjutkan pengecekan pada hari senin (28/9) yang dibantu oleh masyarakat dan volunteer.
Kebakaran ini berasal dari sisa api unggun masyarakat yang tengah berjiarah, dan saat ini telah diamankan 10 orang pejiarah di kantor resort PTN Gunung Putri. Dampak kebakaran ini bisa diminimalisir hanya bagian rumput saja sedangkan edelweis dan cantigi bisa diselamatkan.  Jiarah di alun-alun suryakencana memang sangat populer diakukan oleh masyarakat sekitar gunung, untuk itu kami menghibau agar kiranya pejiarah ini dapat dihentikan hingga pendakian dibuka kebali. Selain pejiarah, beberapa minggu lalu telah tertangkap pendaki illegal yang memasuki kawasan dan berhasil ditangkap dan kasusnya telah ditangani pihak berwajib, kegiatan ziarah saat ini sulit dicegah krn berkaitan dengan keyakinan dan spiritual masyarakat. Meskipun TNGGP sudah melarang namun pada umumnya mereka tetap  memaksa naik dengan sembunyi2 dan melalui jalur ilegal, sehingga kami sulit utk mengawasinya.
Terkait masa penutupan pendakian, pihak TNGGP selalu aktif melakukan patroli hingga ke puncak gede dan pangrango, sebelumnya pada hari sabtu tanggal 26 september 2015 kebakaran ini belum ada sehingga kita sudah pastikan bahwa kebakaran tersebut terjadi pada pagi hari. Untuk itu kami mengklarifikasi bahwa berita di CNN Indonesia tidak benar adanya.

Cibodas, 28 September 2015
Kepala Balai Besar,

Ir. Herry Subagiadi, MSc