Permana, Aditya. 2012. Perilaku Harian Owa Jawa (hylobates Moloch, Audebert 1798) Di Pusat Penyelamatan Dan Reabilitasi Owa Jawa (javan Gibbon Center), Bodogol, Sukabumi. Bogor; Prodi Biologi Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan.

Peneliti: Aditya Permana

Topik : Satwa

Tahun : 2012

No. Pustaka:

Abstrak
Owa Jawa atau silvery gibbon (Hylobates moloch Audebert, 1798) merupakan primata endemik Jawa. Penurunan populasinya di habitat alami disebabkan oleh penebangan liar, perambahan hutan, perburuan liar, dan pengambilan hasil hutan bukan kayu oelh masyarakat sekitar. Owa Jawa peliharaan banyak yang diperlakukan tidak baik oleh pemiliknya, sehingga menimbulkan perilaku yang berbeda dengan perilaku alaminya. Diperlukan upaya pemulihan kesehatan dan perilaku owa jawa seperti yang dilakukan oleh Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Owa Jawa (Javan Gibbon Center), agar mereka dapat beradaptasi ketika dikembalikan ke habitat alaminya.
Penelitian ini dilakukan di Javan Gibbon Center (JGC). Terhadap tiga keluarga owa jawa. Pengamatan menggunakan metode Focal animal sampling, selama 10 jam/hari, mulai pukul 06.30-16.30 WIB, selama 50 hari kerja. Satu keluarga owa jawa diamati selama 25 hari, dua keluarga lainnya diamati bersamaan 25 menit, dengan jeda 5 menit antar waktu pengamatan, total waktu pengamatan adalah 500 jam.
Pada P1, frekuensi tertinggi perilaku harian adalah perilaku bergerak, diikuti oleh perilaku istirahat, perilaku makan, dan perilaku sosial. Pada pasangan P2 dan P3, frekuensi tertinggi berupa perilaku istirahat, bergerak, makan, dan perilaku sosial. Pasangan yang dinilai paling siap untuk menjalani pelepasliaran adalah P1, sedangkan P2 dan P3 belum siap menjalani pelepasliaran.