Perhatian Dan Kasih Sayang TNGGP Terhadap Masyarakat Eks. Penggarap Desa Cimacan

Berawal dari usaha serta kerja keras para petugas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) khususnya petugas Resort Cibodas, Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Bidang PTN Wilayah I Cianjur  dalam upaya menurunkan penggarap pada kawasan perluasan TNGGP yang sebagian besar merupakan warga masyarakat Kampung Geger Bentang, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Sosialisasi serta pendekatan secara persuasif terus dilakukan agar masyarakat memiliki kesadaran untuk turun dan meninggalkan lahan garapannya yang berada di dalam kawasan TNGGP.  Proses tersebut berlangsung cukup lama, memerlukan ketekunan dan kesabaran ekstra untuk mencapai harapan dan tujuan yang diinginkan.

Tahun 2015, petugas Resort Cibodas, Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Bidang PTN Wilayah I Cianjur bersama-sama dengan penyuluh kehutanan TNGGP melakukan pendekatan, sosialisasi dan penyuluhan  kepada warga masyarakat Kampung Geger Bentang, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur agar mereka mau meninggalkan lahan garapan yang berada di dalam kawasan TNGGP. Kemudian pada tahun 2016, masyarakat Kampung Geger Bentang sudah tidak lagi melakukan penggarapan lahan di dalam kawasan TNGGP. Bahkan di tahun yang sama terbentuk suatu wadah masyarakat yaitu Kelompok Tani Hutan (KTH) Gerbi Lestari sebagai sarana belajar masyarakat dan tempat bertukar informasi  yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan Kepala Desa Cimacan dan pada tahun 2017 sudah dibuat legalitas hukumnya melalui akta notaris.

Pendampingan pun terus dilakukan oleh petugas Resort Cibodas dan Penyuluh Kehutanan TNGGP serta terdapat kolaborasi dengan para penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur dan Penyuluh Kehutanan dari BPH Wilayah II. Harapannya dengan terus dilakukan pendampingan, anggota KTH Gerbi Lestari khususnya dan warga masyarakat kampung Geger Bentang umumnya dapat ikut serta dalam upaya pelestarian kawasan TNGGP.

Salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang kepada warga masyarakat Kampung Geger Bentang yang tergabung dalam wadah KTH Gerbi Lestari, pihak TNGGP memberikan bantuan alternatif ekonomi lainnya. Bantuan ini bersifat stimulan, dengan harapan kedepannya KTH Gerbi Lestari dapat mandiri dengan diberikannya stimulan tersebut. Penentuan jenis bantuan alternatif ekonomi tidak serta merta ditentukan oleh pihak TNGGP, akan tetapi melalui proses identifikasi potensi serta tipologi masyarakat yang dilakukan bersama-sama. Selain itu, KTH juga difasilitasi untuk dapat menggali dan menentukan sendiri usaha apa yang akan mereka kembangkan melalui pelatihan Business Plan.

Berdasarkan beberapa pertimbangan, KTH Gerbi Lestari memilih usaha budidaya ikan mas sebagai pengganti alternatif ekonomi. Terdapat beberapa alasan yang mendasari, diantaranya:

  1. Lahan yang diperlukan untuk budidaya ikan mas tidak terlalu luas dan berada di luar kawasan TNGGP;
  2. Perguliran hasil yang cepat;
  3. Lokasi pemasaran yang dekat;
  4. Adanya filosofi “AIR” dalam usaha budidaya ikan mas tersebut, dimana jika tidak ada air maka usaha mereka tidak akan berjalan, sedangkan air tersebut berasal dari hulu dan hulunya adalah kawasan TNGGP. Dengan filosofi ini diharapkan KTH Gerbi Lestari dapat ikut serta menjaga dan melestarikan kawasan TNGGP, karena secara tidak langsung mereka merasakan manfaat yang diberikan oleh TNGGP berupa ketersediaan air untuk menjalankan usahanya dan kelestariannya.

Hal tersebut kemudian menjadi dasar pihak TNGGP dalam memberikan bantuan alternatif ekonomi lainnya kepada KTH Gerbi Lestari berupa pemberian alat dan bahan untuk usaha budidaya ikan mas. Alat dan bahan yang diberikan berupa bahan bangunan untuk pembuatan kolam ikan dan saung serta bibit ikan dan pakan ikan.

Penyerahan bantuan alternatif ekonomi masyarakat dari pihak TNGGP kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Gerbi secara simbolis dilaksanakan pada Hari Kamis, tanggal 28 Desember 2017 bertempat di saung tempat usaha kelompok. Acara dihadiri oleh Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Kepala Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Kepala Desa Cimacan, Kepala Urusan Kesejahteraan Masyarakat Desa Cimacan, Petugas Resort Cibodas, Kepala Satuan Tugas Polisi Kehutanan TNGGP, Kepala Unit Polhut Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Penyuluh Kehutanan TNGGP dan seluruh anggota KTH Gerbi Lestari.

Sebelum penyerahan bantuan secara simbolis, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bidang PTN Wilayah I Cianjur dengan KTH Gerbi Lestari yang disaksikan oleh Kepala Desa Cimacan. Terdapat hal-hal yang mengikat dan harus dipenuhi oleh kedua belah pihak didalam perjanjian kerjasama tersebut.

Simbolis bantuan yang diserahkan berupa bibit ikan mas serta pakan yang diserahkan secara langsung oleh Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur kepada Ketua KTH Gerbi Lestari. Selain itu terdapat pengguntingan pita sebagai simbol bahwa kolam ikan serta saung telah resmi dan dapat digunakan sebagai lahan usaha kelompok. Pada kesempatan ini, Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur dan Kepala Desa Cimacan didaulat oleh anggota KTH Gerbi Lestari untuk melepas ikan mas ke kolam.

Sumber: Wita Puspita Ningrum – Penyuluh BBTN Gunung Gede Pangrango