Pengelolaan Wisata Berwawasan Lingkungan Di Kawasan Cibodas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Peneliti: Munggaran Galih Gian

Topik : Ekowisata

Tahun : 2014

No. Pustaka:

Abstrak
Indonesia dengan kekayaan sumberdaya alam hayati memiliki peluang yang sangat besar dalam memperoleh manfaat dari kawasan hutan, begitu juga kawasan hutan konservasi. Aspek lingkungan sangat penting untuk diperhatikan agar tidak menimbulkan kerusakan potensi sumber daya alam. Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango meliputi tiga kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi, sangat berpotensi untuk dikembangkan daerah wisata yang berbasis alam sesuai dengan salah satu fungsi taman nasional yaitu pariwisata dan rekreasi. Kegiatan wisata tidak dapat dihindarkan akan mengkonsumsi sumberdaya alam di kawasan Taman Nasional kemudian berdampak terhadap menurunnya kualitas lingkungan. Meskipun demikian, bagaimana cara mengelola masalah ini akan menentukan bagaimana dampak yang akan ditiumbulkan.
Praktik kerja lapang ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan lingkungan akibat wisata di kawasan Cibodas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Mengetahui sistem pengelolaan wisata alam yang berwawasan lingkungan. Mengetahui karakteristik, persepsi, dan motivasi pengunjung serta persepsi dan kesiapan masyarakat.
Permasalahan lingkungan di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebagian besar disebabkan oleh aktivitas pengunjung, baik pengunjung yang berekreasi, berkemah, maupun mendaki gunung. Sebagian pengunjung masih ada yang belum menyadari akibat yang ditimbulkan dari perbuatan merekan dalam membuang sampah dan vandalisme di dalam kawasan hutan.
Dalam mengelola dampak wisata, pengelola melakukan berbagai upaya untuk memperkecil dampak terhadap kawasan oleh kegiatan wisata. Berbagai upaya telah dilakukan langsung maupun tidak langsung seperti papan informasi, pendidikan konservasi, tempat sampah, operasi bersih sampah, check packing, dan diterapkannya ISO 14001 untuk pendakian.