Pendidikan Dan Kebersamaan Relawan Gede Pangrango Operation

Gede Pangrango Operation (GPO) merupakan organisasi Volunteer yang berdiri pada tahun 1990 an yang diberdirikan oleh senior Volunteer pada masa nya yaitu (Kang Haris, Said, Mbah Yudi) organisaai ini berada di Jalur Pendakian (RPTN) Gunung Putri – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan tujuan untuk membantu mengamankan, melestarikan kawasan serta kegiatan evakuasi kecelakaan pengunjung pendakian.

Organisasi Volunteer GPO pada malam tahun baru 2020 merayakan Hari Ulang Tahun nya yang ke-30 sekaligus mendoakan salah satu anggota Volunteer GPO almarhum Didin Abidin (Angkatan Surili) yang telah meninggal pada 26 Desember 2019, dengan dihadiri Tamu undangan Kepala Balai Besar TNGGP yang diwakili oleh Kepala Seksi P 2 & Kasi Wil. 1 Cibodas (Syahyudin S. Hut, Darwin S. Hut. T) beserta Anggota Volunteer GPO, Volunteer PAL, Volunteer Montana, Relawan Bella Alam, Tokoh Masyarakat Gunung Putri.

Disamping perayaan HUT ke – 30 Volunteer GPO telah selesai melakukan seleksi penerimaan anggota baru. Setelah melewati berbagai tahapan seleksi 6 (enam) orang dinyatakan lolos dari jumlah pendaftar 20 (dua puluh) orang. Pada tanggal 27 sampai dengan 31 Desember 2019 melakukan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (PLD) anggota baru di RPTN Gunung Putri. Beberapa materi diberikan panitia seperti survival, search and rescue, evakuasi, navigasi, dan lain-lain, kemudian Upacara Penutupan oleh Kepala Resort PTN Gunung Putri pada hari Selasa 31 Des jam 10.00 WIB.

Selain materi dasar yang diberikan oleh panitia, pihak Resort PTN Gunung Putri (Isna Farhanuddin) mewakili Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) turut memberikan beberapa materi secara umum mengenai Peraturan Perundangan yang berlaku di Taman Nasional. Salah satu materi yang diberikan pada saat PLD yaitu terkait Ijin Memasuki Kawasan Konservasi dan sistem yang telah diatur oleh TNGGP.

Penulis : Isna Farhanuddin (Polisi Kehutanan)
Dokumentasi : Anggi dan Raffi (Volunteer GPO)