Pemulihan Ekosistem Di Resort Gunung Putri

Cianjur, 30 September 2017. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melaksanakan kegiatan pemulihan ekosistem dilaksanakan di Zona Rehabilitasi Blok Cipendawa Resort PTN Gunung Putri (areal perluasan eks. Perhutani) seluas 3 Ha. Tujuan kegiatan ini untuk memulihkan kembali ekosistem di sekitar aliran Sungai Cipendawa yang saat ini kondisinya terbuka karena adanya aktifitas garapan oleh masyarakat setempat.

Upaya pemulihan ekosistem ini didukung oleh PT. Tirta Fresindo Jaya Plant Cianjur (Mayora Group). Dalam kegiatan ini ikut berpartisipasi Dandim Cianjur, Danramil Pacet, Danramil Cugenang, Bintara Pembina Desa (Babinsa) lingkup Kodim Cianjur, Kepala Desa Sukatani, tokoh dan kelompok masyarakat ekowisata Desa Sukatani (KTH. Puspa Lestari).

Bibit yang ditanam merupakan jenis tanaman asli lokal sebanyak 1.000 pohon (Rasamala 700 batang, Manglid 100 batang; Puspa 100 batang; dan Huru 100 batang). Bibit tanaman ini bantuan dari PT. Tirta Fresindo Jaya Plant Cianjur (Mayora Group).

Sumber: Isna  Farhanuddin – Polisi Kehutanan Balai Besar TNGGP