Pemeriksaan Kesehatan Pegawai Secara Periodik Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Siaran Pers Nomor: SP.1356/BBTNGGP/TU.3/11/2020

CIBODAS, TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO, RABU, 25 NOVEMBER 2020.  Masa pandemik Covid-19 sangat berdampak terhadap para pelaku wisata, tidak terkecuali Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pandemi Covid – 19 yang berkepanjangan menimbulkan rasa kekhawatiran, tidak hanya bagi pengunjung tetapi seluruh pegawai di dalam lingkungan kerja. Selain penerapan protokol kesehatan, sebagai upaya preventif dan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh pegawai, maka dilaksanakan pemeriksaan kesehatan secara periodik melalui rapid test dan swab test. Selain Pegawai Negeri Sipil (PNS), pemeriksaan kesehatan juga dilakukan terhadap Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), Pengelola Koperasi Pegawai Edelweis TNGGP, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Masyarakat Peduli Api (MPA), dan volunteer yang aktif membantu pelaksanaan tugas di lingkungan Balai Besar TNGGP.

Sampai saat ini Balai Besar TNGGP telah melaksanakan tidak kurang dari 7 kali pemeriksaan kesehatan secara massal. Swab Test pertama dilakukan serentak kepada 168 orang pegawai TNGGP, baik Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), dan pengelola Koperasi Pegawai Edelweis TNGGP dilaksanakan selama tiga hari Senin (06/07/2020) sampai hari Rabu (08/07/2020) dalam rangka menyambut pembukaan kembali kegiatan wisata alam. Test swab ini difasilitasi Satuan Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dengan hasil test dinyatakan 100 % negatif.

Senin (9/10/2020) dilakukan test rapid antigen kepada 60 orang pegawai di kantor Balai Cibodas bekerjasama dengan Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Cianjur dan Puskesmas Cipanas, Kecamatan Cipanas. Hasil dari test rapid antigen dinyatakan 100 % negatif.

Sejak November 2020, diadakan rapid test (antigen dan antibody) secara rutin dan bertahap di lingkungan kerja Balai Besar TNGGP. Rapid test antigen yang dilaksanakan Senin (9/11/2020) untuk pegawai lingkup Bidang PTN Wilayah II Sukabumi dan Bidang PTN Wilayah III Bogor dan dilanjutkan Selasa (10/11/2020) untuk pegawai lingkup Balai Cibodas dan Bidang PTN Wilayah I Cianjur. Dari 163 orang yang mengikuti rapid test antigen, 2 orang dinyatakan reaktif dan dirujuk untuk melakukan test Swab PCR.

Rapid test antigen putaran berikutnya dilaksanakan Senin (13/11/2020) untuk pegawai lingkup Bidang PTN Wilayah II Sukabumi dan Bidang PTN Wilayah III Bogor dan dilanjutkan Senin (16/11/2020) untuk pegawai lingkup Balai Cibodas dan Bidang PTN Wilayah I Cianjur. Dari 140 orang yang mengikuti rapid test antigen dan 1 orang rapid test antibody, 2 orang dinyatakan reaktif dan dirujuk untuk melakukan test Swab PCR.

Empat orang yang dirujuk test swab PCR dinyatakan positif covid 3 orang (2 orang melakukan isolasi mandiri dan 1 orang dirawat di RSUD Kabupaten Cianjur) serta 1 orang dinyatakan hasilnya negatif. Tiga orang yang positif covid bukan merupakan kluster lingkungan kerja di Balai Besar TNGGP, namun disinyalir tertular dari lingkungan keluarga yang bertugas sebagai tenaga kesehatan dan pelayanan publik pada instansi lain.

Langkah yang dilakukan saat diketahui ada pegawai yang positif yaitu dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan dan lingkungan kantor. Kegiatan penyemprotan ini juga dilakukan rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya Senin (23/11/2020) dilaksanakan rapid test antibody untuk pegawai lingkup Balai Cibodas dan Bidang PTN Wilayah I Cianjur dan dilanjutkan Kamis (26/11/2020) untuk pegawai lingkup Bidang PTN Wilayah II Sukabumi dan Bidang PTN Wilayah III Bogor. Dari hasil test rapid antibody Senin (23/11/2020), 2 orang reaktif dan pada hari yang sama dilakukan swab test. Semoga hasil dari swab test dan test rapid selanjutnya negatif/ non reaktif.

Kami terus menghimbau untuk tetap jaga perilaku hidup sehat dan bersih dengan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan). Jangan lengah terhadap pandemi Covid 19, mari kita bersama-sama menerapkan protokol kesehatan pada masa kebiasaan normal baru.

Cibodas, BBTNGGP, 25 November 2020
Penanggung jawab berita:
Kepala Balai Besar TNGGP Wahju Rudianto, S.Pi., M.Si – 0819 0331 1199