Pembinaan Bagi Para Penggiat Konservasi Di Cimungkad

Cimungkad (9/07/2020), untuk mengingatkan para pegawai dan mitra kerja Bidang PTN Wilayah II Sukabumi akan tugas pokok pengelolaan Taman Nasional, telah dilakukan pembinaan pegawai di Blok Balong, Resort PTN Cimungkad, Seksi PTN Wilayah IV Situgunung, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dalam acara ini hadir seluruh pegawai Bidang PTN Wilayah II Sukabumi dan mitra kerja: Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan volunteer yang ada di sekitar Bidang PTN Wilayah Sukabumi khususnya lingkup Seksi PTN IV Situgunung.

Dalam acara yang dipimpin langsung oleh Syahrial Anuar, Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, dilakukan evaluasi kegiatan dan mencari solusi untuk permasalahan serta peningkatan kegiatan yang sudah berjalan dengan baik. Pada sesi evaluasi diawali dengan pemaparan kegiatan yang telah dilakukan para pihak serta pengenalan organisasi MMP dan volunteer yang telah membantu berinovasi dalam pengembangan dan mengelolaan Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) di lingkup Resort Cimungkad oleh Kepala Resort PTN Cimungkad.

Pelaksanaan pembinaan ini bertujuan memotivasi setiap personil untuk selalu semangat, kreatif, dan bertanggung jawab dalam mengemban tugas sesuai Tupoksi-nya masing-masing, serta proaktif dalam penyelenggaraan pelayanan prima terhadap masyarakat secara baik dan benar, meningkatkan kedisiplinan, etos kerja, dan menjaga keutuhan organisasi khususnya, sehingga jiwa korsa antar sesama personil, maupun dengan pimpinan semakin meningkat.

Terlepas dari hal di atas, tujuan pembinaan ini mendorong “Leuweung Hejo Masyarakat Ngejo”. Seperti yang selalu digaungkan oleh pengelola BBTNGGP maupun Direktorat Jenderal KSDAE dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara umum, demi terciptanya masyarakat yang lebih sejahtera serta dapat merasakan keuntungan dengan adanya hutan yang lestari dan terjaga, dengan harapan bisa membantu meningkatkan taraf hidup/ ekonomi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Teks: Agus Yusuf, A.Md. – RPTN Cimungkad
Dok: Bidang PTN Wilayah II Sukabumi