Taman Nasional Gunung Gede Pangrango [National Park]

The Oldest Tropical Mountain Rain Forest of Java

Depan » Kegiatan » Pelatihan Kompos Takakura di PPKAB, Bodogol 14 Oktober 2012


Pelatihan Kompos Takakura di PPKAB, Bodogol 14 Oktober 2012

14.10.12Hits 1.558 views|KegiatanCetak

Sekitar 20 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMU 1 Cigombong, SMA at- Taqwa Cicurug, SMP 2 Benda-Cicurug dan perwakilan ibu PKK kampung Bodogol sangat antusias menerima materi pembuatan kompos takakura dari Kenichi Yoshida (JICA) bekerjasama dengan Pengelola Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB). Hal tersebut terbukti saat teori dan praktek pembuatan kompos pemateri sering mendapat interupsi pertanyaan dari peserta.

Pembuatan, kompos takakura ini sangat sederhana dan murah dengan tahap awal adalah pembuatan cairan fermentasi yang nantinya akan dicampur dengan sekam dan tanah sebagai media berkembang biak bakteri, jamur & organisme lainnya sebagai dekomposer. Setelah media tersebut siap maka sampah organik bisa dicampur untuk diproses secara alami menjadi kompos.

Pada akhir acara ibu-ibu PKK Bodogol & anak SMU 1 Cigombong menanyakan apakah Ken & PPKAB bersedia datang memberikan pelatihan ini khusus di kampung Bodogol dan sekolah mereka. Ken dengan segera menjawab, “Siap, saya akan berkunjung kemana saja untuk memberikan pelatihan ini dan free, alias gratis tidak dipungut biaya”. Hal senada juga disampaikan pihak pengelola PPKAB-Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik untuk peduli terhadap lingkungan dimulai dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang sederhana?

[Teks & Foto | PPKAB ]