Patroli Simpatik Polhut TNGGP

Rabu 10 Juni 2020, Seluruh jajaran Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, melaksanakan giat patroli gabungan ke Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Nagrak, Seksi PTN Wilayah IV Situgunung, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP). Ikut gabung personil dari Kantor Balai, yaitu Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan (P3), dan Kepala Satuan Polisi Kehutanan (Kasat Polhutwil). Dari Bidang Wilayah lain, hadir Unit Intelejen, Unit Penyidikan, Polhut Unit Operasi I Cianjur, dan Polhut Unit Operasi III Bogor.

Patroli Gabungan yang bertemakan “Mempererat Kebersamaan” ini, dibuka dengan apel siaga yang dipimpin langsung oleh Syahrial Anuar, Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi. Dalam pembukaan kegiatan, Syahrial berpesan untuk selalu siap dan amanah dalam menjalankan tugas di BBTNGGP.

Rombongan yang telah siap untuk patroli, bergerak menuju Resort PTN Nagrak di bawah komando Kanit Operasi II Sukabumi. Suasana perjalanan begitu apik, dengan tetap menjaga kedisiplinan berkendaraan, tim mulai bergerak melalui jalur utama kota Sukabumi, masuk jalur jalur pedesaan sampai Blok Cibodas.

Tiba di kawasan hutan Blok Cibodas, rombongan patroli gabungan mulai memasuki kawasan hutan wilayah RPTN Nagrak, untuk melakukan pengecekan pal batas kawasan dan antisipasi ganguan keamanan di dalam kawasan. Di samping berpatroli, tim juga bersilaturahmi dengan penduduk yang berada di sekitaran batas kawasan. Mang Ece, seorang warga Desa Pawenang (desa yang berbatasan langsung dengan kawasan TNGGP) sangat bersyukur dengan dilakukannya patroli gabungan. “Mudah-mudahan aktivitas ini bisa mencegah perburuan liar di kawasan hutan konservasi yang meresahkan masyarakat”, ujar Mang Ece.

Setelah seharian patroli, rombongan kembali dan berkumpul di kantor RPTN Nagrak untuk diskusi serta evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan sambil beristirahat. Dari hasil diskusi disimpulkan bahwa secara umum kondisi kawasan hutan di Resort PTN Nagrak aman dari gangguan, kecuali sesekali ada perburuan liar dan pengambilan kayu bakar.

Berkat kebersamaan dan kekompakan, hingga peraihan hasil yang memuaskan di lapangan, bersyukur tentu yang utama, dan sebagai pengganti lelah dari perjalanan, rombongan mendapat sajian santap siang di kantor Resort PTN Nagrak.

Terlihat ada hikmah besar didalam kegiatan patroli gabungan kali ini, yaitu BBTNGGP selalu kompak mengawal kawasan, dan selalu bersama untuk menjaga batas kawasan, diakhiri dengan rasa syukur dan terimakasih dari Kepala Bidang PTN WIlayah II Sukabumi, do’a penutup pun dilantunkan sebagai penanda kegiatan telah selesai.

Teks dan Dok: Purnama P.S.
Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango