Patroli Bersama Mitra

Cibodas (14/11/2017). Resort Gunung Putri, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bersama dengan Babinsa, Mayarakat Mitra Polhut (MMP), dan kelompok masyarakat ekowisata (Kelompok Tani Hutan Puspa Lestari) Desa Sukatani pada tanggal 8 sampai 9 Nopember 2017, melakukan kegiatan patroli bersama di wilayah kerja Resort Gunung Putri khususnya jalur pendakian sampai ke Puncak Gede.

Kegiatan patroli bersama mitra ini bertujuan:

  1. Memantau secara langsung keadaan para pendaki terkait kondisi cuaca yang cukup ekstrim yang terjadi saat ini dan sekaligus memberikan peringatan kepada para pendaki agar selalu waspada dan berhati hati;
  2. Melakukan pengecekan awal pada lokasi-lokasi yang akan dilakukan pemasangan tanda terkait telah dilakukan revisi zonasi khususnya pada wilayah yang berdekatan dengan aktivitas wisata; dan
  3. Melakukan pengecekan terkait adanya informasi keberadaan orang yang mengalami ganguan kejiwaan (orang gila) di Alun Alun Suryakencana guna dilakukan evakuasi.

Pengecekan terkait adanya orang yang mengalami gangguan kejiwaan tersebut (orang gila) selain dilakukan di Alun Alun Suryakencana juga dilakukan pada setiap titik yang dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai tempat patilasan atau yang sering dikunjungi masyarakat, mulai wilayah Gunung Putri sampai batas wilayah kerja Selabintana/ Blok Cileutik, Sarongge, dan  Goalpara.   Berdasarkan hasil pengecekan di tempat-tempat tersebut tidak ditemukan keberadaan orang yang mengalami gangguan kejiwaan (orang gila), kuat dugaan bahwa orang gila dimaksud telah turun dari lokasi tersebut.

Sumber: Dani Darmawan, S.H., M.Sc. – Polisi Kehutanan Balai Besar TNGGP