Partisipasi Balai Besar TNGGP Dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Cibodas, 5 Juni 2018. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango melaksanakan upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bertemakan “Kendalikan Sampah Plastik”. Upacara dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Wasja, S.H.

Upacara yang berlangsung sekitar satu jam ini, diikuti oleh karyawan dan karyawati Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.  Mengangkat tema “Kendalikan Sampah Plastik” pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pesan yang ingin disampaikan melalui sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu perlunya komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi bahaya sampah plastik di berbagai belahan dunia, juga di Indonesia. Dalam sambutan tersebut mengharapkan motivasi kerja sekuat tenaga untuk atasi sampah, juga kerja yang sistematis dalam mengurangi sampah, mengolah sampah, dan melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan melalui kegiatan daur ulang atau dikenal dengan istilah 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), serta yang penting adalah upaya bersama kolaborasi semua pihak, pemerintah pusat/ pemerintah daerah, masyarakat, dan dunia usaha.

Sampai saaat ini partisipasi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dalam “Kendalikan Sampah Plastik”, 1) Penyuluhan kepada masyarakat dan pendidikan konservasi kepada generasi muda; 2) Pemberian bantuan alat pencacah sampah plastik kepada kelompok binaan di Resort Sarongge tahun 2010; 3) Pendirian Bank Sampah Assalam di Desa Nyalindung tahun 2017; 4) Pengolahan sampah plastik menjadi barang yang berguna; dan 5) Kegiatan pemilahan sampah menjadi barang bermanfaat yang rutin dilakukan pada setiap pintu pendakian (Resort Cibodas, Resort Gunung Putri, dan Resort Selabintana).

Mari kita bersatu dan bertekad untuk kelola sampah plastik bersama-sama. Kendalikan sampah plastik, jaga lingkungan tetap bersih untuk lingkungan yang lebih baik.

Teks: Poppy Oktadiyani

Foto dan Video: Randi