Muhammad, Amri Saadudin. 2011. Pemetaan Kesesuaian Habitat Rafflesia Rochussenii (teijsm. Et Binn.) Di Resort Tapos Taman Naisonal Gunung Gede Pangrango. Bogor; Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata. Fa.hutan. Institut Pertanian Bogor.

Peneliti: Muhammad Amri Saadudin

Topik : Flora

Tahun : 2011

No. Pustaka:

Abstrak
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mempunyai keanekaragaman tumbuhan yang tinggi, salah satunya adalah Rafflesia rochussenii Teijsm. et Binn. Spesies R. rochussenii di TNGGP mengalami penurunan dan keberadaanya semakin terencana apabila tidak dilakukan upaya konservasi. Salah satu kendala upaya konservasi adalah minimnya informasi mengenai distribusi R. rochussenii. Pemetaan kesesuaian habitat dapat menjadi salah satu upaya mepecahan masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor fisik yang berpengaruh, model dan luas kesesuaian habitat R. rochussenii di Resort Tapos TNGGP.
Pengambilan data dilaksanakan di Resort Tapos TNGGP pada bulan Desember 2010. Pengolahan data dilakukan di Lab. Analisis  Lingkungan dan Permodelan Spasial, Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan IPB pada bulan Januari-Februari 2011. Penelitian ini menggunakan variabel fisik habitat yaitu ketinggian, kemiringan lereng, nilai LAI (Leaf Area Index), dan jarak dari sungai. Pengolahan peta menggunakan softeware ArcGIS 9.3 dan Erdas Imagine 9.1. Pengolahan foto LAI menggunakan software Hemiview 2.1. Penentuan bobot model menggunakan Analisis Kompone Utama.
Berdasarkan Analisi Komponen Utama diperoleh 3 komponen utama dengan nilai vektor ciri sebesar 1,358; 1,079 dan 0,908. Faktor fisik yang paling berpengaruh terhadap model yang digunakan untuk menentukan kesesuaian habitat R. rochussenii di Resort Tapos TNGGP adalah sebagai berikut : skor kumulatif kesesuaian habitat (Y) = (1,358 x Kemiringan lereng) +(1,079 x Nilai LAI) + (1,079 x Jarak dari sungai) + (0,908 x Ketinggian). Model kesesuaian habitat diklasifikasikan menjadi 3 kelas yaitu kesesuaian tinggi, kesesuaian sedang, dan kesesuaian rendah. Habitat yang mempunyai kesesuaian tinggi, kesesuaian sedang, dan kesesuaian rendah. Habitat yang mempunyai kesesuaian tinggi mempunyai luas sebesar 289,44 ha; luas kesesuaian sedang sebesar 623,34 ha; dan luas kesesuaian rendah sebesar 213,75 ha. Peta kesesuaiaan habitat R. rochussenii dapat diterima dengan nilai validasi sebesar 96,26% untuk kelas kesesuaian habitat tinggi.
Kata kunci : pemetaan, habitat, Raflesia rochussenii, konservasi, taman nasional gunung gede pangrango