Mengungkap Rahasia Pola Kehidupan Lutung Jawa Dengan Daya Dukung Habitatnya.

Peneliti: Kimbolys

Topik : Satwa

Tahun : 2012

No. Pustaka:

Abstrak
Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, khususnya mahasiswa biologi mempunyai tanggung jawab untuk menjadi keanekaragaman hayati, termasuk lutung jawa (Trachypithecus auratus). Lutung Jawa, dalam bahasa latin disebut Trachypithecus auratus merupakan salah satu jenis lutung asli (endemik) Indonesia. Menurut Jatna dan Edy, 2000 semenjak tanggal 22 September 1999, lutung jawa (Trachypithecus auratus) telah dilindungi UU berdasarkan SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No.733/Kpts-II/1999. Selain itu, tahun 1996 lutung ini oleh IUCN dikategorikan sebagai primata yang rentan (vulnerable) terhadap gangguan habitat yang terus terdesak oleh manusia untuk berbagai kepentingan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui morfologi, kondisi habitat, penyebaran, aktivitas dan perilaku Lutung Jawa Trachypithecus auratus di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11-13 Septemebr 2012 di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jawa Barat. Dengan menggunakan metode ad libilum (mengamati semua perilaku satwa) dan analisis vegetasi habitat.
Kelompok lutung jawa yang berhasil kami temukan di TNGGP Jawa Barat ada 3 kelompok yaitu kelompok 5, 7, dan 12. Sumber pakan lutung jawa adalah daun-daunan, buah, dan bunga. Ada beberapa aktivitas lutung jawa di TNGGP yaitu aktivitas makan, istirahat, dan pergerakan. Pergerakan lutung jawa terdiri dari quadropedal, climbing, leaping, dan arm-swinging. Sedangkan ada tujuh perilaku lutung jawa yang kami temukan yaitu ingestif, shelter seeking, investigatory, eliminative, epimeletik (care-giving), etepimeletik (care-soliciting), dan play.