Mengintip Aksi Hari Peduli Sampah Nasional Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Cibodas, Senin 4 Maret 2019. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menggelar acara puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 dengan tema “Gerakan Indonesia Bersih” dan sub tema “Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai” melalui Apel Aksi Bersih BBTNGGP, penandatangan Deklarasi Bersih Sampah BBTNGGP bersama mitra dan masyarakat, pembagian bibit tanaman, dan dilanjutkan dengan kerja bakti aksi bersih bersama di sekitar kantor BBTGGP, Bumi Perkemahan Mandalawangi – Resort PTN Mandalawangi, Resort PTN Cibodas, serta lingkungan sekitar Cibodas.

Rangkaian acara peringatan HPSN di BBTNGGP telah berlangsung sejak tanggal 21 Februari 2019 dengan dilaksanakannya aksi bersih bersama secara serentak di seluruh lingkup wilayah kerja BBTNGGP. Kegiatan dimonitor melalui teleconference dalam rangka pelaporan media visual.

Pada acara puncak, Kepala Balai Besar TNGGP, Wahju Rudianto bertindak langsung sebagai Pembina Apel Aksi Bersih. Apel ini diikuti seluruh pejabat struktural dan pegawai lingkup BBTNGGP, mitra kerja (volounter Montana, Forum Penggiat Wisata Cibodas, Kelompok Tani Hutan (KTH) Gerbi Lestari, KTH Hejo Cipruk, KTH LBC Lestari, dan mahasiswa Universitas Surya Kencana – Cianjur).

Dalam amanatnya, Kepala Balai Besar membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada peringatan HPSN. Ada beberapa point dalam amanat tersebut:

  1. Gerakan Indonesia Bersih merupakan salah satu komponen dari Gerakan Revolusi Mental sebagaimana Instruksi Presiden RI Nomor 12 Tahun 2016. Langkah-langkah yang dapat kita ambil dalam Gerakan Indonesia Bersih:
    a. Peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja, dan komunitas.
    b. Peningkatan sinergi penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat.
    c. Pengembangan sistem pengelolaan sampah yang holistik dan terintegritas termasuk kali bersih, sarana, dan prasarana pelayanan publik.
    d. Penyempurnaan peraturan perundang-undangan (deregulasi).
    e. Pemberian kemudahan bagi perusahaan/ swasta/ lembaga yang melakukan pengelolaan sampah.
    f. Mengutamakan peran serta masyarakat di dalam menunjang perilaku bersih dan sehat.
    g. Peningkatan penegakan hukum di bidang kebersihan dan kesehatan lingkungan.
  2. Pemerintah telah menerbitkan aturan mengenai persampahan: Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga, Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah, dan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut.
  3. Tantangan pengelolaan sampah harus kita hadapi dengan langkah sistematis dan kerja kolaboratif dalam semangat gotong royong.

Dalam Apel Aksi Bersih kali ini, rada beda dari biasanya, dengan dilaksanakan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Bersih Sampah BBTNGGP bersama mitra kerja. Isi dari deklarasi tersebut:

  1. Buang sampah pada tempatnya.
  2. Kurangi penggunaan plastik.
  3. Lakukan pemilahan sampah organik dan anorganik.
  4. Terapkan eco office.

Acara dilanjutkan dengan pembagian bibit kepada mitra dan masyarakat serta kerja bakti aksi bersih bersama di sekitar kantor BBTGGP, Bumi Perkemahan Mandalawangi – Resort PTN Mandalawangi, Resort PTN Cibodas, serta lingkungan sekitar Cibodas. Total sampah yang berhasil dikumpulkan seberat 396 Kg, paling banyak berasal dari Bumi Perkemahan Mandalawangi – Resort PTN Mandalawangi seberat 224 Kg, sekitar kantor Balai Cibodas seberat 137 Kg, dan dari Resort PTN Cibodas seberat 35 Kg. Pemungutan sampah dipilah antara sampah organik dan anorganik dengan hasil 40 Kg sampah organik dan 356 Kg sampah anorganik. Sampah organik ini untuk selanjutnya diolah menjadi pupuk organik dengan sistem lubang berpindah dan sampah anorganiknya dikumpulkan untuk diolah lebih lanjut di Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Cilaku Cianjur.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango