Taman Nasional Gunung Gede Pangrango [National Park]

The Oldest Tropical Mountain Rain Forest of Java

Depan » Artikel » Menaklukan Gunung Gede


Menaklukan Gunung Gede

14.2.12Hits 9.903 views|ArtikelCetak

Oleh: Ermila Klislinar

Gunung Gede adalah salah satu gunung yang harus ditaklukan bagi para pendaki. Gunung yang termasuk dalam wilayah Taman nasional Gede Pangrango di Jawa Barat ini, menjanjikan keindahan alam dan hijaunya hutan. Siapkan diri Anda!

Sekitar bulan november 2011, saya berangkat ke Gunung Gede, Bogor, Jawa Barat bersama teman-teman pecinta alam dari almamater saya FEUI (Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia). Saat itu sudah musim hujan, musim yang sebenarnya kurang bersahabat untuk mendaki gunung, kami berangkat pada Jumat malam dan mulai menaiki gunung pada Sabtu pagi. Perjalanan menuju puncak masih mudah, namun begitu sampai puncak, hujan tak berhenti mengguyur saya dan tim saya.

Kami tidak sempat menikmati puncak Gunung Gede karena hujannya yang deras dan tertutup kabut. Kami hanya melewati puncak untuk turun menuju alun-alun Surya Kencana. Dalam perjalanan turun menuju Surya Kencana, malam sudah tiba, kami menuruni gunung seperti menurunin sungai berbatu yang berarus karena derasnya hujan. Dengan cahaya yang hanya berasal dari senter kami, kurang lebih 2 jam kami menuruni puncak menuju Surya Kencana.

Akhirnya kami tiba di Surya Kencana, ternyata perjuangan tak berhenti hanya sampai disitu. Hujan pun masih terus mengguyur, kami saling membantu membangun tenda dengan menggigil karena derasnya hujan yang disertai dengan angin yang kencang. Kami terpaksa masuk tenda dengan keadaan basah dan dengan kondisi tenda yang tidak layak ditiduri, karena setiap sudutnya diisi dengan genangan air.

Semalaman angin tak berhenti mencoba merobek tenda kami semua yang bertotal 4 tenda, hingga 1 tenda pun terbang. Tidur lelap pun saat itu hanya menjadi sebuah mimpi. Mungkin malam itu adalah malam terburuk yang pernah saya alami. Pagi hari sekitar pukul 8 pagi,  matahari baru mau memunculkan batang hidungnya dan memberi sedikit kehangatan bagi kami. Angin masih begitu menusuk, namun cahaya matahari berhasil meberi kami kehangatan. Kami nikmati Surya Kencana dengan sejuta pesonanya. Sebelum berangkat pulang menuju Jakarta di siang hari.

Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/02/08/173737/1837695/1025/4/menaklukan-gunung-gede