Let’s Go to Taman Nasional Gunung Gede Pangrango and Lovely Cianjur

Bertepatan dengan Hari Kartini tanggal 21 April dan Hari Bumi tanggal 22 April 2017, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menyelenggarakan Festival Gede Pangrango dalam rangka Peringatan HUT TNGGP  ke-37 (rangkaian acara tanggal 6 Maret 2017). Acara ini didukung oleh Pemerintah Daerah Cianjur beserta jajarannya. Bupati Cianjur, Dr. Irvan Rivano Muchtar membuka acara dan dalam sambutannya beliau mengutarakan, “Festival Gede Pangrango dalam rangka HUT Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ke-37 pertama kali dapat dilaksanakan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur. Dari perlombaan yang diselenggarakan dapat terlihat potensi-potensi yang dapat dipublikasikan sebagai potensi pariwisata. Harapannya TNGGP ke depan dapat lebih maju dan dapat mensejahterakan masyarakat sekitarnya”.
Festival Gede Pangrango merupakan salah satu upaya dan bentuk nyata keterpaduan program untuk meningkatkan aktivitas wisata di dalam kawasan TNGGP maupun di Kabupaten Cianjur melalui program sosialisasi, penyuluhan, pendidikan konservasi, dan pemberdayaan masyarakat dengan harapan dapat mewujudkan masyarakat yang sadar dan secara sukarela berperan aktif dalam upaya konservasi. Peran aktif masyarakat dalam upaya konservasi kawasan TNGGP ini perlu dibina, dipertahankan, dan ditingkatkan.
Acara dimeriahkan dengan berbagai lomba: lomba Mars TNGGP, lomba lukis, lomba masak dengan bahan utama “Tauco Cianjur”, selain itu diadakan juga sarasehan dengan tema “Cita-Cita dan Harapan Pariwisata Cianjur” dengan narasumber dari Balai Besar TNGGP dan Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur yang dihadiri para investor dan pelaku yang bergerak di bidang pariwisata. Hari berikutnya tanggal 22 April 2017 dilanjutkan dengan acara jalan santai peduli lingkungan yaitu jalan dengan mengambil sampah-sampah di sepanjang rute merupakan kegiatan pertama kali dilakukan di Kabupaten Cianjur. Selain mengambil sampah yang ada di sepanjang rute, peserta jalan santai memberikan penyuluhan tentang lingkungan kepada masyarakat Kabupaten Cianjur.
Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini, yaitu:
•    Peningkatan kunjungan ke kawasan TNGGP, khususnya kunjungan wisata di Kabupaten Cianjur;
•    Menarik investor yang bergerak di bidang parawisata alam;
•    Mendorong peningkatan pembangunan di sektor pariwisata;
•    Peningkatan kesadaran masyarakat;
•    Memelihara seni dan budaya lokal;
•    Memiliki rasa saling memiliki antara TNGGP dan Kabupaten Cianjur; serta
•    Wisata merupakan program unggulan di Kabupaten Cianjur.
Upaya menjaga kelestarian Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem merupakan tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di sekitar kawasan. Oleh karena itu masyarakat perlu memiliki kesadaran dari individu masing-masing untuk berperan aktif dalam upaya konservasi karena sumber daya alam sangat penting bagi kehidupan.
Kegiatan Festival Gede Pangrango dalam rangka Peringatan HUT TNGGP  ke-37 di tahun 2017 sekaligus dalam rangka menjaga hubungan sinergitas kerjasama yang baik dengan budayawan, pengusaha, dan para pemangku kepentingan. Kami menyadari bahwa hanya dengan kerja keras dan bantuan dari semua pihak serta ridho dari Allah SWT, semua yang kami cita-citakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.
Teks: Poppy Oktadiyani – Penyuluh Balai Besar TNGGP
Dokumentasi: Randi – Staf Balai Besar TNGGP