Lestarikan Hutan TNGGP Dengan Memahami Aturannya Melalui Goes to Campus Di Sth Pasundan Sukabumi

Sesuai visi pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) “Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Menjadi Pusat Pendidikan Konservasi Kelas Dunia”, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede terus menggalakkan pendidikan konservasi, baik bagi masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, pengusaha, birokrat, dan kelompok lainnya. Tentunya kegiatan ini dilaksanakan di setiap bidang PTN Wilayah. Mengawali Bulan Mei 2018, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi melangsungakan acara “Goes to Campus”.

Dengan semangat tinggi, personil Bidang PTN Wilyah II Sukabumi bersinergi menyukseskan acara tersebut. Penyuluh berbagi tentang “hutan dan kehutanan”, menyusul Polisi Kehutanan (Polhut) berbagi pengalaman tentang “peraturan dan perundang-undangan bidang LHK”, diakhir personil Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) ikut mensosialisasikan “peraturan pendakian” termasuk adanya SOP pemeriksaan kesehatan dan pencetakan izin pendakian (SIMAKSI) yang dapat dilakukan langsung di ketiga pintu pendakian (kantor Balai Cibodas, Resort Gunung Putri, dan Kantor Bidang PTN Wilayah II Sukabumi). Didukung juga oleh personil administrasi (fungsional umum) dalam penyiapan peralatan dan kelengkapan administrasinya.

Peraturan pendakian, merupakan materi favorit pada saat diskusi. Hal ini karena acara diikuti oleh generasi muda, yaitu anggota anggota Mapala, BEM, dan Menwa Sekolah Tinggi Hukum Pasundan. Semua peserta setuju, bahwa hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango perlu dijaga dan dilestarikan untuk kelangsungan dan kesejahteraan umat manusia.

“Goes to Campus” merupakan langkah awal dari rangkaian pendidikan konservasi. Dengan acara ini diharapkan mahasiswa tertarik untuk berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango melalui program “Campus Visit”. Mudah-mudahan mereka tertarik untuk mengikuti kegiatan perkemahan konservasi, yang bisa menambah wawasan, pengalaman, dan kepedulian pada upaya konservasi.

Sumber: Dadi Haryadi Muharam – PEH Balai Besar TNGGP