Kunjungan Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum

Rabu, 25 Desember 2019, bertepatan dengan libur Hari Raya Natal, RPTN Situgunung, Seksi PTN Wilayah IV Situgunung, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, BBTNGGP, kembali mendapatkan kunjungan dari Taman Nasional sahabat yang berasal dari Kalimantan Barat, yaitu Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS), dengan ketua tim Gunawan Budi Hartono, Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak. Agenda kunjungan studi banding pengelolaan wisata di kawasan TNGGP.

Setibanya di RPTN Situgunung pukul 7:45 WIB, rombongan TNBKDS yang berjumlah 7 (tujuh) orang, langsung mendapatkan sambutan dari Kepala Seksi PTN Wil. IV Situgunung, Luki Turniajaya dan Kepala Resort PTN Situgunung, Asep Suganda, beserta staf. Dalam rangkaian acaranya, rombongan TNBKDS disajikan pemutaran film dokumenter tentang TNGGP. Setelah itu sekilas pengenalan pengelolaan TNGGP disampaikan langsung oleh Kepala Resort PTN Situgunung, mulai dari kawasan, flora dan fauna, hingga objek wisata yang ada di kawasan RPTN Situgunung.

Setelah berdiskusi dan bertukar informasi, rombongan TNBKDS yang didampingi Kepala Resort PTN Situgunung beserta staf mendapat sajian langsung keindahan kawasan Resort PTN Situgunung dengan mengunjungi Suspension Bridge dan Curug Sawer. Puas menikmati keindahan alam Resort PTN Situgunung, rombongan TNBKDS kembali menuju kantor TIC (Tourist Information Center) untuk kembali melanjutkan diskusi, terkait pengelolaan wisata di kawasan TNGGP.

Kamis, 26 Desember kunjungan dilanjutkan ke kantor Balai Besar TNGGP di Cibodas dan mengunjungi Resort Mandalawangi untuk melihat pengelolaan wisatanya.

Rombongan TNBKDS merasa terkesan dan terpukau melihat banyaknya kunjungan di kawasan wisata terutama di RPTN Situgunung, TNGGP. Tim TNBKDS meninggalkan kawasan TNGGP dengan membawa kesan dan pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat bagi kemajuan wisata di TNBKDS.

Teks: Purnama P.S.
Dokumentasi : Asep Suganda