Kondisi Terkini Si Billy Putri

Penasaran dengan perkembangan kehidupan si “Billy Putri yang Terlahir Dengan Caesar” di sanctuary owa jawa di Bodogol?

28 April 2018, jam 23.30 WIB, di sanctuary owa jawa (JGC) Bodogol, lahir seekor owa jawa melalui operasi caesar. Merupakan kebanggaan tersendiri, karena proses kelahirannya ditangani oleh putra putri NKRI, tanpa bantuan tenaga asing, sehingga Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terdorong untuk memberi nama “Billy Putri”.

Untuk bayi yang terlahir dengan caesar ini, pada bulan-bulan pertama diperlukan perawatan intensif, khususnya pada tujuh hari pertama (masa kritis) setiap 2 jam sekali selama 24 jam bayi dari pasangan Bobby (bapak) dan Jolly (ibu) diberi minum susu formula, karena ibunya belum bisa menyusui dan mengasuh secara sempurna sehubungan luka bekas operasi masih dalam masa pemulihan.

Masa kritis telah lewat, si Billy Putri berkembang dengan baik dan pergerakannya semakin lincah. Menginjak bulan kedua, anak kedua hasil caesar kedua Ny. Jolly ini, terlihat sudah tidak sabar untuk bisa bergerak bebas dan bergelantungan di pepohonan. Dia sudah mulai berusaha untuk berdiri dan mengangkat tangan.

Saat ini, pada umur tiga bulan, si kecil Billy sudah mulai mengasah keahlian menggunakan kedua tangannya untuk bergelantungan. Hanya saja ibu Billy masih belum bersedia mengasuhnya, karena kondisi pasca operasi tidak memungkinkan pertemuan intensif antara anak dan ibu. Ini merupakan tantangan selanjutnya bagi para pengelola sanctuary. Semangat terus! Sukses selalu!

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango