Kangen Menikmati Suasana TNGGP ?

Siapa #SobatGePang yang sudah kangen dengan TNGGP? Tentu banyak yang merindukan berwisata, kemah, dan mendaki di kawasan TNGGP. Hal ini terbukti sejak penutupan wisata pada masa pandemik COVID-19 (pertengah Maret 2020) lalu sampai awal Juli 2020 ada 229 orang yang menghubungi melalui chating What’sApp dan 80 orang menelepon ke nomor Quick Response TNGGP menyanyakan wisata, kemah, dan pendakian kapan dibukanya. Begitu juga pada media sosial TNGGP lainnya yang menananyakan hal yang sama.

Ada kabar gembira neh… dari tanggal 10 Juli 2020, wisata dan perkemahan di TNGGP (baik untuk di wilayah Cianjur, Sukabumi, dan Bogor) sudah dibuka lo… Pembukaan ini tentunya sudah mempertimbangkan berbagai aspek dari mulai kondisi daya dukung dan tampung kawasan; kondisi update covid – 19 per zona (pintu wisata); keselamatan kawasan, pengelola, dan tentunya pengunjung; serta kebijakan pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat.

Namun dengan dibukanya kegiatan wisata dan perkemahan ini, #SobatGePang tetap harus memperhatikan Protokol Perkemahan dan Wisata di kawasan TNGGP selama tatanan normal baru (new normal). Seperti apa itu protokolnya, yuks kita simak:

  1. Menggunakan masker;
  2. Mencuci tangan/ menggunakan hand sanitizer
  3. Menggunakan sarung tangan (jika memungkinkan);
  4. Menjaga jarak antar pengunjung;
  5. Menjaga etika batuk dan bersin;
  6. Mengisi tenda 50% dari kapasitas tenda bagi kegiatan perkemahan;
  7. Gunakan peralatan dan perlengkapan pribadi dan meminimalisir penggunaan secara bersama;
  8. Tidak melakukan vandalisme (merusak keindahan dan kenyamanan lingkungan);
  9. Memenuhi kuota perkemahan dan wisata;
  10. Menjaga kebersihan di lingkungan wisata (bersih sampah); dan
  11. Sehat jasmani dan rohani.
    Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada link https://www.instagram.com/p/CCAAIYYglIn/?igshid=1venegg2lw6nz.

Kondisi hari pertama pembukaan wisata dan kemah (10/07/2020), untuk lokasi Resort Cibodas: 72 orang pengunjung air terjun Cibeureum dan 2 orang pengunjung Canopy Trail; Resort Mandalawangi: 32 orang wisata harian dan 43 orang yang berkemah; dan Resort Situgunung mencapai 406 orang pengunjung (351 dewasa dan 55 anak-anak). Semua pengunjung dalam kondisi sehat, pengecekan suhu rata-rata 36,40C; tidak ditemukan pengunjung gejala batuk, demam, dan flu; serta hasil pengecekan semua pengunjung dalam kondisi aman.

Nah… #SobatGePang yang mau mendaki ke Gunung Gede dan Pangrango bersabar dulu ya….karena kami masih mempersiapkan agar para #SobatGePang yang akan mendaki tetap aman, nyaman, dan sehat…..untuk sementara #SobatGePang intip-intip dulu Protokol Pendakian di TNGGP pada masa new normal pada link https://www.instagram.com/p/CCAAntfgoAg/.

Informasi pembukaan pendakian akan kami sampaikan pada website dan media sosial TNGGP. So… #SobatGePang pantengin terus ya….website dan media sosial TNGGP nya. Jadilah “Pendaki Cerdas” jangan menjadi pendaki tanpa izin. Nanti ada sanksi yang akan didapat bagi pendaki tanpa izin, apa itu sanksi-nya? Bisa dilihat disini ya guys…. https://www.gedepangrango.org/pembinaan-kegiatan-pendakian-terhadap-pendaki-tanpa-izin-di-taman-nasional-gunung-gede-pangrango/

Jadilah pengunjung dan calon pendaki yang peduli diri, kawan, petugas, dan lingkungan ya…. #SobatGePang

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango