Hari Bhakti Rimbawan, TNGGP Bersama Mitra Menanam 2.000 Pohon

Arca, 16 Maret 2019. Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-36, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) berkolaborasi dengan PT. Tirta Fresindo Jaya (PT. TFJ) – Plant Ciherang (Mayora Group),  kembali melakukan kegiatan penanaman pohon dalam rangka pemulihan ekosistem. Penanaman pohon dilakukan di zona rehabilitasi – blok arca, salah satu target lokasi pemulihan ekosistem tahun 2019 di wilayah kerja Resort PTN Tapos, Seksi PTN Wilayah VI Tapos, Bidang PTN Wilayah III Bogor. Pada kesempatan tersebut berhasil ditanam jenis-jenis lokal/ asli TNGGP seperti janitri, rasamala, puspa, salam, manglid, dan kilame sejumlah 2.000 pohon pada areal seluas 4 hektar.

Kegiatan ini merupakan wujud implementasi dari program konservasi keanekaragaman hayati berbasis pemberdayaan masyarakat, kerja sama antara Balai Besar TNGGP dengan PT. Tirta Fresindo Jaya (PT. TFJ) – Plant Ciherang (Mayora Group),  sudah dimulai sejak tahun 2017.

Apa yang telah dilakukan oleh PT. TFJ sudah sejalan dengan semangat dan misi keberadaan serta jatidiri rimbawan dalam perjuangan pembangunan kehutanan dan lingkungan, serta dapat menjadi stimulan dan contoh bagi pihak lain untuk ikut berperan serta dalam pemulihan ekosistem di kawasan TNGGP.

Para pihak yang hadir pada kegiatan penanaman ini: Head M3 PT. TFJ, Factory Manager PT. TFJ Plant Ciherang, CSR Manager PT. TFJ Plant Ciherang, perwakilan Kecamatan Megamendung, Danramil Cisarua – Megamendung, Danramil Ciawi – Caringin, Babinmas, Polsek Caringin, Kepala Desa Sukaresmi, perwakilan PT. Alessia, pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Sukaresmi, Romo dari Kepastoran Marius, tokoh masyarakat setempat, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), pejabat Eselon III dan IV, serta staf Bidang PTN Wilayah III Bogor – Balai Besar TNGGP.

Selain penanaman di Blok Arca, Balai Besar TNGGP ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman bersama Kementerian LHK di Balai Diklat Kehutanan – Rumpin, Bogor. Kegiatan menanam pohon ini merupakan aksi nyata kita sebagai rimbawan patriot yang berdedikasi dalam menjaga lingkungan dan hutan, seiring tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”, semoga.

Oleh: Andie Martien Kurnia – PEH Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango