Fitriyanti, Tri. 2008. Keanekaragaman Jenis Kupu-kupu Di Bodogol, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Program Studi Biologi. Jurusan Biologi, Fakultas Mipa – Universitas Negeri Jakarta.

Peneliti: Tri Fitriyanti

Topik : Satwa

Tahun : 2008

No. Pustaka:

Abstrak

Kupu-kupu termasuk ke dalam ordo Lepidoptera merupakan serangga yang mudah dikenali. Informasi mengenai keanekaragaman kupu-kupu menjadi penting untuk mengetahui ekologi di Bodogol Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, kesamaan dan kelimpahan jenis kupu-kupu di Bodogol, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2007. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan tangkap langsung untuk pengambilan sampel. Pengambilan sampel dilakukan di lima jalur, yaitu jalur Afrika, Cikaweni, Cipadaranten, Rasamala, dan Kanopi.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 46 jenis dan 173 individu kupu-kupu dengan jenis yang terbanyak adalah Mycalesis perseus (11,56%). Nilai index keanekaragaman jenis tertinggi pada jalur Kanopi (1.32) dan yang terendah pada jalur Rasamala (1.076). rata-rata nilai index kenekaragaman dari seluruh flot berkisar 1.0 s/d 3.0, termasuk dalam kriteria sedang artinya lingkungan Bodogol mengalami tekanan ekologi sedang. Persamaan jenis kupu-kupu antar jalur di ukur dengan index kesamaan Sorensen. Index kesamaan tertinggi terjadi antara jalur Cipadaranten dan Rasamala (0,486) sedangkan yang terendah antara Cikaweni dan Kanopi (0,167). Rata-rata index kesamaan adalah 0,34 artinya 34% jenis yang ditemukan dijalur Afrika juga dapat ditemukan pada jalur Ciakweni, Cipadaranten, Rasamala, Kanopi. Ini berarti distribusi kupu-kupu di Bodogol tidak merata, oleh karena itu karakter vegetasi di Bodogol juga dapat dikatakan hampir heterogen.