Exit Strategi Di Lembah Jari Dan Kuta Jaya

Cisarua, 19 Maret 2019. Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Bogor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango  memberikan bantuan 11 ekor ternak domba kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Lembah Jari dan Kuta Jaya.  Bantuan ini merupakan hasil dari kegiatan pemanfaatan HHBK di tahun 2018 di  zona tradisional Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resort PTN Cisarua.

Pemberian bantuan ini merupakan “triger” (pemantik) dalam rangka “exit strategi” dengan mempersiapkan mata pencaharian alternatif, sehingga  diharapankan dapat menjadi sumber pendapatan utama bagi anggota KTH yang sementara ini diberi akses pe,manfaatan HHBK di Resort PTN Cisarua, Seksi  PTN Wilayah VI Tapos, Bidang Pengelolaan PTN Wilayah III Bogor.

Kepala Desa Sukagalih, Sekretaris Desa Kuta, Anggota KTH Lembah Jari dan Kuta Jaya, pejabat struktural dan staf di lingkup Bidang PTN III Bogor, hadir dalam acara penyerahan bantuan bibit domba yang dilaksanakan di halaman Kantor Resort PTN Cisarua.

Kades Sukagalih, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BBTNGGP yang telah memberikan bantuan ternak domba kepada warganya.  Beliau juga mengharapkan agar enam bulan kedepan dilanjut dengan monitoring dan evaluasi terhadap program tersebut. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang PTN Wilayah III,  “agar monitoring dapat dilaksanakan untuk memastikan  keberlanjutan bantuan sehingga mampu menopang ekonomi alternatif bagi masyarakat di sekitar kawasan”.

Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan visi KLHK “Hutan Lestari, Masyarakat Sejahtera” dapat segera terwujud. Semoga.

Sumber : Fahmi Ardian Afif – PPNPN Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango