Evakuasi Pendaki Warga Negara Asing Di TNGGP

Rabu 03 Juli 2019 sekitar pukul 10.00 WIB melalui pintu masuk pendakian Resort Gunung Putri sebanyak 7 (tujuh) orang pendaki WNA (Amerika Serikat) terdiri dari 3 (tiga) orang wanita dan 4 (wanita) orang pria diketuai An. Gaffigan Benjamin Mark (23 th) melakukan kegiatan pendakian ke TNGGP dengan SIMAKSI No. SI. 2162/T.2-BIDTEK/LIT/06/2019, Tiket No. 0196-0202 dan Asuransi No. 0196-0202.

Kamis 04 Juli 2019 sekitar pukul 12.30 WIB, Call Center Pendakian TNGGP menerima laporan dari staf perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Teguh) bahwa salah satu warga negaranya An. Nieves Brenda Lee (24 th) mengalami cedera pergelangan kaki (terkilir) pada saat akan turun melalui jalur pendakian Cibodas tepatnya di lokasi Tanjakan Rante (informasi ini diperoleh Teguh dari komunikasi telepon dari salah satu anggota rombongan pendakian tersebut).

Menindaklanjuti informasi tersebut, pukul 12.45 WIB pada hari yang sama Kepala Resort Cibodas membentuk tim evakuasi sebanyak 22 (dua puluh dua) orang yang terdiri dari perwakilan anggota Volunteer Montana, MMP, perwakilan anggota Koperasi Cantigi dan Koperasi Surya Kencana, serta perwakilan dari masyarakat sekitar kawasan Cibodas.

Tim evakuasi langsung diberangkatkan menuju Tanjakan Rante dengan pembagian tim 1 menuju Tanjakan Rante sebanyak 6 (enam) orang, tim 2 sebanyak 10 (sepuluh) orang menunggu di Pos Air Panas, dan tim 3 sebanyak 6 (enam) orang membawa logistik dan menunggu di Pos Panyangcangan.

Pukul 17.04 WIB tim evakuasi I tiba di Tanjakan Rante dan langsung membawa korban turun menggunakan tandu untuk penanganan selanjutnya di Kantor Resort Cibodas Balai Besar TNGGP.

Pukul 20.26 WIB tim evakuasi dan korban tiba di Kantor Resort Cibodas dan langsung ditangani oleh dr. Herdiansyah Kusuma (dokter Unit Layanan Kesehatan Edelweis – BBTNGGP) yang juga dibantu staf perawat Unit Layanan Kesehatan Edelweis – BBTNGGP. Dari hasil pengecekan korban tidak mengalami luka atau cedera berat namun hanya mengalami kaki terkilir sebagaimana informasi awal. Setelah beberapa saat korban beristirahat, pukul 21.02 korban beserta rombongan kembali ke kediamannya masing-masing.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango