Karakteristik Pengunjung Dan Sistem Informasi Manajemen (sim) Dalam Pengelolaan Wisata Alam Di Kawasan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Peneliti: Medi Haerullah

Topik : Pelayanan Pengunjung

Tahun : 2009

No. Pustaka: 00252 P2

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung dan pengaruh aplikasi SIM dalam pengelolaan wisata alam di kawasan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Untuk memperoleh hasil dan kesimpulan dari penelitian, karakteristik pengunjung umumnya berusia muda yaitu umur 21 – 20 tahun (72%) dan berjenis kelamin laki-laki (80%). Pengetahuan pengunjung tentang apa itu TNGGP sangat tinggi, 100 % mengetahui bahwa TNGGP adalah Taman Nasional. Motif pengunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk kegiatan pendakian (26%), diikuti rekreasi 22%, berkemah 18%, widyawisata/pendidikan 14%, penelitian 12%, dan motif kunjungan lainnya 8%. Dengan diterapkannya sistem informasi manajemen akan memperoleh data yang akurat, mudah, dan cepat.

Adanya informasi melalui situs web TNGGP pengunjung yang mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tahun 2008 meningkat 20% persen dari tahun 2007. Aplikasi SIM database booking online merupakan tahap pengembangan dari situs web TNGGP yang sangat memudahkan pengelola dalam mengelola data pengunjung dan juga pengunjung dapat melihat informasi tentang peraturan-peraturan memasuki kawasan konservasi dan jumlah pengunjung setiap per bulan dan per tahunnya.