Berbagi Asa Di Bulan Berkah Untuk Daerah Penyangga TNGGP

Goalpara, 12 Mei 2020. Sebagai salah satu unit terkecil pengelolaan TNGGP di lapangan, dalam kesehariannya petugas resort tentunya berbaur langsung dengan masyarakat sekitar, baik masyarakat biasa, pemuka agama, tokoh dan sesepuh semua dirangkul demi terciptanya kondisi harmonis dan kondusif.

Karena posisi kantor Resort PTN Goalpara berada di wilayah Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi tepatnya di Kp. Bunisari. Maka interaksi paling intensif tentunya dengan masyarakat Kp. Bunisari. Sedikit bercerita perihal kehidupan masyarakat Kp. Bunisari yang sebagian besar bertempat tinggal di lahan milik PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Goalpara dan bermata pencaharian berkebun pada lahan dengan kemiringan kadang-kadang lebih dari 45°.

Sehubungan dengan kondisi topografi yang cukup berat, maka selama musim hujan petugas RPTN Goalpara di goalpara selalu mengingatkan warga agar selalu waspada terkait ancaman bencana yang mungkin terjadi. Namun kejadian yang tak terduga akhirnya terjadi, di tengah kondisi wabah Covid 19 yang saat ini sedang dirasakan oleh semua pihak, tanah longsor meluluhlantakkan rumah salah satu warga di kampung tersebut. Meski tidak ada korban jiwa, nyatanya terdapat dua kepala keluarga yang merupakan anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) terdampak dan kehilangan tempat tinggal akibat kejadian longsor tersebut.

Karena kondisi darurat maka untuk sementara waktu bagi warga yang terdampak tersebut menempati pos jaga Resort PTN Goalpara. Tak berhenti disitu, BBTNGGP melalui Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Syahrial Anuar dan Kepala Seksi PTN Wilayah IV Situgunung, Luki Turniajaya sebagai bentuk kepedulian sosial, melakukan kunjungan dan memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok.

Semoga musibah yang telah menimpa saudara kita ada hikmahnya dan rasa kepedulian antar sesama manusia bisa kita tingkatkan.

Teks & foto : Agus Deni – Pengendali Ekosistem Hutan
Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango