Belajar Mencintai Lingkungan Dengan Tanaman Hoya

Kamis, 29 Agustus 2019 “Bodogol Kampung Hoya” Desa Benda, salah satu desa penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mendapat kunjungan dari rombongan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gagak Rimang Desa Benda. Kegiatan dilaksanakan di Sentra Budidaya Hoya yang didirikan atas dukungan Balai Besar TNGGP, masyarakat sekitar, Conservation International Indonesia, Pemerintah Desa Benda, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kunjungan ini sesuai dengan tujuan pembentukan Sentra Budidaya Hoya, yaitu untuk mewujudkan Kampung Bodogol sebagai pusat tanaman budidaya hoya yang diintegrasikan dengan program wisata alam dan pendidikan lingkungan. Paket kunjungan biasanya terdiri atas belajar budidaya hoya, bermain permainan tradisional, pemutaran film lingkungan, dan kegiatan pendidikan lingkungan lainnya yang dipandu petugas TNGGP, LSM, dan tentunya masyarakat sekitar.

Siswa PAUD diajak bermain dan mengenal tanaman hias nan cantik penyerap polutan ini. Kegiatan diawali dengan bermain membentuk lingkaran di depan “Saung Hoya”, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tanaman hoya melalui kegiatan mewarnai gambar tanaman dan penjelasan singkat tentang tanaman tersebut. Tidak hanya sampai disitu, para siswa juga diajak untuk belajar menanam atau menyetek hoya satu persatu. Kegiatan pada anak usia dini ini merupakan langkah awal dalam rangka menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dan memberikan pengalaman menanam kepada mereka.

“Mari kita tanamkan budaya menanam dan cinta lingkungan sejak dini”

Teks: Nidia Opinta, A.Md
Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango