Taman Nasional Gunung Gede Pangrango [National Park]

The Oldest Tropical Mountain Rain Forest of Java

Depan » Kegiatan » Bank Mandiri Selamatkan Hutan Melalui Program Adopsi Pohon di TNGGP.


Bank Mandiri Selamatkan Hutan Melalui Program Adopsi Pohon di TNGGP.

27.11.11Hits 2.352 views|KegiatanCetak

Mandiri menanam

Sabtu 26 November 2011, sekitar 40 orang dari Bank Mandiri melakukan penanaman 800 pohon atau sekitar 2 ha di Blok Pasir Ipis, Resort Cimande, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).Penanaman tersebut dilakukan melalui Program Adopsi Pohon yaitu program penanaman pohon dengan pemeliharaan selama 3 tahun termasuk didalamnya terdapat kegiatan pemberdayaan dan bantuan modal usaha terhadap masyarakat sekitar kawasan TNGGP.

Simbolis Mandiri

Kawasan hutan TNGGP merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciwilung, Cimandiri, Cisadane & Cimandiri  yang berada di bagian hulu. Kegiatan menanam pohon yang dilakukan BankMandiri di kawasan TNGGP secara otomatis turut menyumbang kebutuhan air bagi sekitar 20 juta penduduk yang tinggal di sekitar Jawa Barat dan Jakarta  dengan ikut menjaga kelestarian hutan yang menjadi sumber air dan daerah tangkapan air. Hal ini diperkuat dengan  penelitian yang pernah dilakukan oleh Otto Soemarwoto (1994) yang menyatakan bahwa TNGGP menghasilkan air sebanyak 231 Milyar liter/tahun.

Seremonial Mandiri

Kepedulian Bank Mandiri terhadap kelestarian hutan patut kita hargai. Diharapkan kepedulian tersebut menular ke seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berperan serta dalam menjaga kelestarian hutan Indonesia.

[teks & gambar | tangguh & R. Cimande]